Pemerintahan

TMMD Reguler Ke-110 di Desa Tumanggal Purbalingga Selesai 100 Persen

PURBALINGGA, detakjateng – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 Tahun 2021 di Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan dinyatakan telah selesai 100%. Kegiatan ini kemudian ditutup oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM dengan penyerahan dokumen hasil pelaksanaan TMMD dari Komandan Kodim 0702/Purbalingga kepada Bupati Purbalingga, Rabu (31/3) di Pendopo Dipokusumo.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0702/Purbalingga Lettu Inf Muhammad Iskandar selaku pimpinan proyek menyampaikan ada beberapa sasaran fisik dalam TMMD Reguler kali ini. “Diantaranya pembuatan jalan baru sepanjang 2000 meter dengan lebar 9 meter, selesai 100%; Pembangunan jalan makadam sepanjang 2000 meter dan lebar 5 meter, selesai 100%,” katanya.

Lebih rinci, dalam pembangunan jalan baru tersebut juga di dalamnya telah menyelesaikan beberapa pembangunan. Diantaranya, pembangunan gorong-gorong volume diameter 0,6m x 7m sebanyak 5 unit; pembangunan gorong-gorong volume diameter 0,8m x 7 m sebanyak 2 unit; pembangunan gorong-gorong rabat beton volume 7m x 2mx 2,5m 1 unit; pembangunan gorong-gorong rabat beton volume 7m x 3m x 1m sebanyak 2 unit.

“Sasaran fisik tambahan pembangunan jalan makadam volume 400 meter x 5 meter; RTLH (Rumah Tidak Layak Huni, red)  sebanyak 3 unit dan gorong-gorong volume 0,6 meter x 7 meter 1 unit,” katanya.

Adapun sasaran non fisik, yang telah dilakukan yakni berupa penyuluhan di berbagai bidang. Diantaranya bidang mental ideologi, penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan kesejahteraan masyarakat, dan penyuluhan pertanian.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran TNI atas sinergitas, kerja keras dan kerjasama selama satu bulan kemarin untuk pelaksanaan kegiatan TMMD Reguler 110. “Tepat satu bulan, kegiatan bisa berjalan baik dan lancar, dan hasilnya mudah-mudahan bisa betul betul dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Tumanggal khususnya akses pembukaan jalan dan mampu meningkatkan perekonomian desa yang berdampak pada perekonomian daerah,” katanya.

Usai serah terima dokumen, dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD. Peresmian diawali dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Purbalingga, penandatanganan prasasti, penanaman pohon di sepanjang jalan hasil TMMD, pemasangan papan nama jalan yang diberi nama ‘Jalan Manunggal Kusuma’ oleh Danrem 071/Wijayakusuma, peninjauan jalan, tabur benih ikan di danau Sari Land, peninjauan RTLH, serta pembagian beras dan lele untuk masyarakat setempat.

Komandan Resor Militer 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Lagan Safrudin SIP berpesan agar jalan makadam yang baru saja selesai dikerjakan ini untuk dipelihara dan dirawat sehingga usia pemakaiannya lebih lama.

“Dipelihara dalam hal ini, jalan bisa ditingkatkan atau diperkeras, itu menjadi hal yang luar biasa. Jalan ini diharapkan akan bermanfaat dalam kelancaran transportasi dalam rangka meningkatkan perekonomian, baik untuk distribusi hasil bumi maupun pendukung akses wisata,” katanya.

Wakil Bupati Purbalingga H Sudono ST MT mengapresiasi atas selesainya kegiatan TMMD ini. Terlebih atas sinergi antara TNI dan masyarakat pembuatan jalan ini cenderung lebih efisien.

“Pemda sangat apresiasi, dengan waktu yang singkat pekerjaan ini bisa selesai. Kalau digarap pemborong ini bisa menghabiskan sampai Rp 5 – 6 miliar. Namun atas sinergitas dan gotong-royong dalam TMMD ini hanya menghabiskan satu miliar lebih,” katanya. (Pray/AN)  

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − seven =

Back to top button