Pendidikan Dan Budaya

UMP Berikan Beasiswa Full Gratis Kepada Penyandang Disabilitas

PURWOKERTO, detakjateng – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas Jawa Tengah, memberikan beasiswa full gratis kepada Eprisa Nova Rahmawati, penyandang disabilitas yang memiliki prestasi dengan hasil karya-karya lukisnya.

Ditemui di rumahnya, Sabtu (27/3) kemarin, Desa Penusupan, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara, Rahma terlihat tengah menggambar di atas kursi roda. Aktivitas menggambarnya terhenti setelah banyaknya tamu yang datang ke rumahnya.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengaku terinspirasi dengan semangat yang dimiliki Rahma.

“Kita lihat semangatnya bagus dengan kondisi saat ini masih perlu mendapatkan pengobatan dia punya talenta yang bagus. Ditunjukkan dengan karya-karya gambarnya yang bagus,” kata rektor UMP, Jebul Suroso, saat ditemui di rumah Rahma, Minggu (28/3/2021).

UMP memberikan beasiswa pendidikan di UMP hingga lulus menjadi sarjana. Nantinya, dimungkinkan akan masuk di jurusan sesuai yang diinginkan oleh Rahma.

Gadis penyandang disabilitas atau difabel asal Banjarnegara, Jawa Tengah, yang sempat viral dengan karya-karyanya melukis dan menggambar di atas kertas.

“Ini anak berbakat, dan kami tidak mau anak yang berbakat tidak bisa meraih masa depan. Jadi yang bersangkutan untuk bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi di UMP. Dari awal hingga nanti diwisuda kami gratiskan,” terangnya.

Selain beasiswa kuliah full gratis hingga lulus, UMP juga memberikan pendampingan pengobatan yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran UMP, media untuk melukis dan uang saku untuk kebutuhan sehari-harinya.

Saat ini, menggambar selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi Rahma. Setidaknya dalam 4 tahun terakhir, sejak anak pasangan Slamet Riyadi dan Sulasih ini jatuh sakit hingga membuat kedua kakinya lumpuh. Sehingga semua aktivitas dilakukan di dalam rumah.

Namun, kondisi ini tidak lantas membuat gadis 18 tahun itu patah semangat. Ia tidak mau berlarut-larut meratapi penyakit yang dideritanya sejak 4 tahun lalu. Bahkan waktu luangnya di rumah justru dimanfaatkan untuk mengasah hobinya yakni menggambar.

“Rasanya senang mendapatkan beasiswa. Setidaknya ada jalan untuk meraih cita-cita saya untuk mengembangkan hobi menggambar. Saya ucapkan banyak terima kasih,” tutur Rahma (Ana Nurani/PT).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − eight =

Back to top button