Berita UtamaKesehatan

Vaksinasi Lanjutan di Demak Menyasar Pedagang Pasar dan Lansia

DEMAK, detakjateng – Upaya penanggulangan covid-19 intensif dilaksanakan Pemkab Demak. Selain penegakan disiplin protokol kesehatan pada masyarakat, secara bertahap vaksinasi juga gencar dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto menyampaikan, dalam rangka menekan penyebaran covid-19, vaksinasi secara bertahap telah dilaksanakan di Kabupaten Demak. Diawali jajaran tenaga kesehatan (nakes) bersama pejabat Forkompimda, dilanjutkan dengan personel Polri, TNI dan pejabat struktural Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada tahap kedua.

“Setelah itu lanjut dengan vaksinasi para pekerja publik pada tahap III, termasuk di dalamnya anggota DPRD, guru, karyawan BUMD, pekerja sosial, juga wartawan. Mereka termasuk prioritas sasaran vaksinasi karena pekerjaan yang rentan terpapar corona,” ujarnya, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Heri Winarno, Selasa (9/3/2021).

Selain kelompok pekerja publik tersebut, masih ada kelompok lain yang rentan terpapar sekaligus menularkan virus corona karena keberadaannya di ruang publik. Mereka adalah pedagang pasar. Maka itu menjadi prioritas sasaran vaksinasi tahap berikutnya adalah pedagang pasar.

“Setelah dilakukan sosialisasi berkerjasama OPD terkait, yakni Dinas Perdagangan dan UPTD Pasar, terdaftar 700 lebih pedagang bersedia divaksinasi. Namun pada saat hari H vaksinasi, tanggal 6 Maret di empat lokasi yakni Pasar Karanganyar, Mranggen, Wonosalam dan Bintoro, yang hadir hanya 658 orang,” kata Heri Winarno.

Namun jumlah kehadiran yang tidak sesuai daftar tersebut menurutnya tak masalah. Karena testimoni para pedagang yang sudah divaksinasi dan tak ada masalah, praktis akan menjadi promosi kesehatan. Sehingga para pedagang yang belum vaksinasi akan bersedia pada tahap berikutnya.

Ada pun vaksinasi kelompok lansia menjadi target berikutnya sebagaimana arahan WHO yang ditindaklanjuti Kementerian Kesehatan RI. “Upaya menghadirkan para lansia, Tim Vaksinasi berkerjasama dengan bidan dan kepala desa. Seperti telah dilakukan di Puskesmas Wonosalam I dan Mranggen I, yang telah melayani vaksinasi lansia warga Desa Bandungrejo. (Jati-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 1 =

Back to top button