Lingkungan Dan Pertanian

Game Online Edukasi Mitigasi Bencana UMP diapresiasi BNPB Jateng

PURWOKERTO, detakjateng – Badan Nasinal Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi adanya Game Online Edukasi Mitigasi Bencana dari tim Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah di Aula AK Ansori, Selasa (6/4/2021).

Salah satu tim pembuat game onlie Sri Suparti SKep MKep Ns mengatakan, game ini merupakan hasil kerjasama riset antara Fikes UMP dengan University Technology Petronas Malaysia yang memiliki tujuan agar seorang korban bencana bisa survive ketika terjadi bencana.

“Yang melatarbelakangi pembuatan game ini, seperti kita ketahui bahwa Indonesia merupakan laboratorium bencana. Semua bencana ada di negara kita. Sementara di Banyumas khususnya belum ada yang membuat Game Online Edukasi Mitigasi yang berbasis virtual reality (VR)” katanya.

Game ini bertujuan untuk belajar bagaimana cara menyelamatkan diri (survive) dari bencana alam.

Sementara itu Ns Susana Widyaningsih SKep MNS tim pembuat game online lainnya mengatakan game tersebut telah melalui revisi dan uji coba dan kedepan akan dirilis untuk umum. Sehingga diharapakan masyarakat secara umum serta pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa bisa memainkan game tersebut.

“Para pemain game ini akan lebih memahami dan mengetahui virtual dan pengalaman seperti apa ketika terjadi gempa bumi, banjir, dan tsunami,” jelasnya.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, UMP telah melakukan berbagai penelitian dan menghasilkan produk geme edukasi bencana hasil kerjasama riset internasional antara dosen UMP dengan dosen University Technology Petronas Malaysia.

“Ini nanti menjadi salah satu materi ketika BPBD akan melakukan pendekatan lain dalam penanggulanangan bencana,” pungkasnya. (Ana Nurani/PT)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × five =

Back to top button