Kesehatan

Pelayanan Genose C-19 Resmi Dibuka di Bandara YIA

KULON PROGO, detakjateng – PT Angkasa Pura I resmi membuka layanan tes GeNose C-19 di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta sejak Kamis (01/04/2021). GeNose C-19 kini menambah opsi bagi pengguna jasa transportasi udara untuk mendapatkan surat keterangan deteksi dini Covid-19.
PTS General Manager (GM) YIA PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama mengatakan bila pihaknya menggunakan lima unit perangkat GeNose C-19 untuk pelayanan ini. Selain itu, pihaknya masih memiliki satu unit perangkat GeNose C-19 yang difungsikan sebagai cadangan.


“Pelayanan GeNose ini serentak dilakukan di empat bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I. Pelayanan sudah dibuka sejak pukul 04.00 pagi tadi hingga pukul 19.00 malam,” kata Pandu, Kamis (01/04/2021).


Disebutkan Pandu, pihaknya setiap hari menyiapkan 2 ribu kantung penampung embusan napas. Jumlah ini lebih banyak ketimbang jumlah rata-rata penumpang keberangkatan di YIA yang hanya 1,5 ribu-an per hari.


Adapun harga yang dipatok untuk tes GeNose C-19 di YIA yakni Rp 40 ribu. Nominal ini diberlakukan sama di empat bandara di bawah PT Angkasa Pura I.
“Berdasarkan hasil pemantauan kami, semua prosedurnya berjalan lancar. Tidak ada penumpukan antrean karena kita sediakan lima bilik dan lima unit perangkat GeNose,” kata Pandu.


Adapun waktu yang harus dihabiskan oleh calon penumpang untuk tes GeNose C- 19 tak lebih dari 15 menit. Waktu itu dihitung sejak pendaftaran hingga menunggu hasil tes Ge-Nose keluar.


Sebelum menjalani tes GeNose C-19, para calon penumpang wajib mendaftarkan diri dengan menunjukkan kartu identitas serta tiket pesawat maupun kode booking pesawat. Para penumpang juga diminta untuk tidak makan dan tidak minum selama 30 menit sebelum menjalani tes.


Disebut juga oleh Pandu, untuk pelayanan rapid antigen maupun antibodi masih dibuka di YIA. Pelayanan ini juga disiagakan bila nantinya ada penumpang yang dinyatakan positif dari hasil GeNose C-19. Penumpang akan diarahkan untuk untuk melakukan rapid antigen.


Dibukanya pelayanan GeNose C-19 di bandara ini disambut baik oleh para pengguna jasa transportasi udara. Banyak dari para penumpang yang menilai layanan GeNose lebih mudah dan praktis.
“Lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah. Untuk pelaku perjalanan sangat memudahkan sekali,” ucap penumpang tujuan Banjarmasin, Putri Paula (18).(Jati Asmoro/AN)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − seven =

Back to top button