Berita UtamaEkonomi

Penerbangan Komersial Bandara JB Soedirman Tertunda

PURBALINGGA, detakjateng – Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga yang sedianya akan dioperasikan Kamis (22/4/2021) besok, dipastikan batal. Pengoperasian bandara tertunda karena sejumlah hal termasuk akibat larangan mudik pada Idul Fitri tahun ini.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memastikan operasional Bandara JBS Purbalingga belum akan terealisasi pada Kamis (22/4/2021) besok. Sejumlah faktor penyebabnya,  yakni pertama karena belum rampungnya pembangunan terminal penumpang di bandara setempat. “Kegiatan pembangunan terminal memang belum selesai, karena soal cuaca. Sehingga peresmian bandara agak bergeser. Kemungkinan setelah Lebaran,”kata Bupati Tiwi, Rabu (21/4/2021) sore.

Selain itu, lanjut Bupati Tiwi, faktor lainnya adalah mengenai kebijakan larangan mudik. Dengan adanya kebijakan larangan mudik, maka berpengaruh terhadap operasional maskapai penerbangan. “Keduanya memang soal kebijakan larangan mudik, yang tentu berpengaruh terhadap operasional maskapai,” katanya.

Sedangkan yang ketiga, menurut Bupati Tiwi, adalah belum adanya informasi mengenai kesediaan Bapak Presiden Joko Widodo untuk hadir ke Purbalingga. Tentu saja, hal ini nantinya terkait dengan jadwal. “Ketiga adalah kesediaan Pak Presiden Jokowi untuk hadir di Purbalingga. Tentu saja, hal ini harus menyesuaikan dengan jadwal Pak Presiden,”ungkap Bupati.

Pesawat Citilink mendarat di bandara JB Soedirman awal April 2021 saat melakukan Proving Flight.

Bupati Tiwi mengakui, sampai sekarang pihaknya belum menerima secara resmi surat dari PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola bandara. Namun, kemungkinan operasional secara resmi setelah Lebaran. Di sisi lain, pembangunan terminal penumpang juga masih on progress, sehingga menunggu perampungan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Kamis (1/4/2021) lalu, dua pesawat yang terdiri dari Citilink dan pesawat militer TNI AU mendarat mulus di Bandara JBS Wirasaba, Purbalingga. Pesawat Citinlink yang mendarat adalah jenis ATR 72-600 dan pesawat TNI AU adalah CN-295. Sebelumnya Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin yang berkunjung ke Purbalingga juga menyampaikan jika rencana pengoperasian bandara pada 22 April 2021. (Pray/AN)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 13 =

Back to top button