Hukum, Kriminal Dan Militer

Razia Di Rutan Wonogiri, Petugas Sita Sikat Gigi

WONOGIRI.detakjateng- Petugas gabungan dari Kemananan Rutan, Polisi, TNI dan Dinas Kesehatan, Selasa (6/4) malam, melakukan razia seluruh kamar hunian  Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wonogiri. Dalam razia tersebut, tim menemukan obat keras, belasan korek gas, lem, alat cukur kumis, sikat gigi, cas seluler dan sejumlah uang.

Kepala Rutan Kelas II B Wonogiri Daniel Kristianto, menuturkan bahwa razia atau penggeledahan kamar dan badan hunian tersebut dilakukan secara serentak se Jawa Tengah dalam rangka memperingati hari Bakti Pemasyarakatan tahun 2021.

‘’Tak ada temuan yang menonjol. Di kamar mereka hanya kita temukan  benda-benda yang tak semestinya mereka simpan. Contoh, alat cukur kumis mestinya setelah digunakan  dititipkan petugas, namun kenyataannya ada yang nekat menyimpan.  Ada juga yang menyimpan uang tunia,’’ jelasnya sembari menambahkan bahwa saat ini Rutan Wonogiri dihuni 325 warga binaan, sementara sebenarnya  kapasitasnya hanya  250 warga binaan.

Untuk warga binaan yang kedapatan membawa barang-barang yang dilarang, besok akan kita panggil untuk diberi pembinaan.  Untuk uang tunia, lanjutnya, dikembalikan ke keluarganya, sedangkan barang-barang yang lain disita uuntuk dimusnahkan.

Kepala DKK Wonogiri dr Adhi Dharma, menambahkan, saat razia tim juga menemukan ada obat di salah satu sel hunian. Setelah diamati, obat tersebut merupakan obat keras, yang pembeliannya harus dengan resep dokter. Obat itu merupakan obat diare dan bukan termasuk narkoba. ‘’Walau demikian tetap kita sita,’’ katanya

Kapolres Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing menegaskan bahwa razia tersebut guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan dan menjaga Kamtibmas. ‘’Kegiatan ini kontinyu kita gelar, agar keamanan di rutan terus terjaga. Ini merupakan wujud kerjasama yang telah ditandatangani bersama antara Rutan dan Polres,’’ kata Kapolres di samping Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi. (Tulus PM/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 3 =

Back to top button