EditorialPendidikan Dan Budaya

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa resmi berubah bentuk menjadi Universitas Putra Bangsa (UPB)

KEBUMEN, detakjateng – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa resmi berubah bentuk menjadi Universitas Putra Bangsa (UPB). Hal ini setelah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor:123/E/O/2021 Tanggal 8 April 2021 tentang Perubahan Bentuk STIE Menjadi Universitas Putra Bangsa serta Izin Penambahan Program Studi telah diserahterimakan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA secara daring, Senin (19/4).

Salinan SK diterima oleh Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Dr H Slamet Ahmadi MM didampingi Rektor Universitas Putra Bangsa Dr Gunarso Wiwoho SE MM dan segenap civitas akademika Universitas Putra Bangsa. Dalam sambutannya Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA  mengucapakan selamat sekaligus siap melayani dan mendimpingi untuk mencapai kinerja yang optimal dan mencapai hasil yang maksimal.

“Dengan terbitnya SK Menteri ini menjadi keberkahan bagi keluarga besar Universitas Putra Bangsa dalam meningkatkan sumbangsihnya untuk pengembangan sumber daya manusia Bangsa Indonesia,” ujarnya.

Prof Zain juga menyampaikan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait diktum kelima bahwa Universitas Putra Bangsa wajib memenuhi standar nasional pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian melaksanakan sistem penjaminan mutu internal yang hasilnya diajukan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) atau lembaga akreditasi lainnya yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk memperoleh akreditasi. Kemudian melaporkan hasil penyelenggaraan program studi sebagaimana dimaksud paling lambat satu bulan setelah akhir setiap semester kepada Menteri.

“Kami mengimbau agar dapat segera melakukan migrasi data secara seksama serta pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Enam Prodi

Ketua Yayasan Putra Bangsa Dr H Slamet Ahmadi MM dalam sambutannya mengucapakan terimakasih kepada LLDIKTI VI Jawa Tengah yang telah mendampingi untuk memproses usulan dari awal sampai serah terima ini. Ucapan terimakasih juga disampaikan untuk seluruh civitas akademika, pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Kebumen atas perubahan bentuk STIE menjadi Universitas Putra Bangsa.

“SK perubahan bentuk ini kami terima dengan rasa penuh tanggungjawab dan antusiasme karena memperoleh amanah yang sangat penting untuk meningkatkan kontribusi kita dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kebumen khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya,” ujar Dr Slamet Ahmadi.

Dengan diterimanya SK dari Mendikbud RI Universitas Putra Bangsa dapat segera menyelenggarakan berbagai proses yang terkait Universitas Putra Bangsa termasuk sudah diizinkan untuk melaksanakan penerimaan mahasiswa baru untuk ke enam prodi baru pada tahun ajaran 2021/2022.

Diinformasikan bahwa Universitas Putra Bangsa berdiri sebagai Sekolah Tinggi pada tahun 2001. Sejak berdiri hingga sekarang UPB telah menghasilkan ribuan sarjana dan pada umumnya telah mengabdi di berbagai instansi baik negeri maupun swasta.

Berubah bentuk menjadi universitas ada penambahan empat program studi (Prodi) baru jenjang Sarjana Strata Satu (S1). Sehingga sekarang memiliki enam prodi secara keseluruhan yang sebelumnya hanya dua prodi S1 Manajemen dan D3 Akuntansi. Adapun tambahan prodi baru adalah program sarjana Agribisnis, Ilmu Komputer/Informatika, Sains Data dan Bisnis Digital. (Ana Nurani).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 5 =

Back to top button