Kesehatan

Corona Varian India Belum Ditemukan di Purworejo

PURWOREJO, detakjateng-Virus corona terus bermutasi, terbaru adalah corona varian India yang dikenal dengan nama B1617. Pada kalangan medis, covid-19 jenis itu disebut mutan ganda. Meskipun virus B1617 telah masuk ke Indonesia, namun kasusnya belum ditemukan di Kabupaten Purworejo. 

Kepastian bahwa virus corona India belum masuk wilayah Purworejo, disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr Tolkha Amaruddin saat dihubungi wartawan. 

“Pasien dengan dugaan virus corona varian baru belum ada yang di squensing (belum diperiksa) di Kabupaten Purworejo. Selama ini kami baru mengirimkan satu sampel kemarin, tetapi catatan valuenya tidak memenuhi syarat, akhirnya tidak diperiksa,” jelasnya, Sabtu (29/5).

Untuk itu, lanjut Tolkha pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) dengan pola 5M.”Pola 5 M yaitu, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1,5 m, membatasi mobilitas ditempat umum dan menjauhi kerumunan atau keramaian,” kata Tolkha.

Sebagai  informasi, jumlah pasien positif covid-19 berjumlah 204 orang di rawat di rumah sakit sebanyak 29 orang dan yang melakukan isolasi mandiri berjumlah 175 orang. Untuk sebaran pasien Positif Covid-19 tertinggi berasal dari Kecamatan Purworejo, sementara banyak Kecamatan yang nihil jumlah pasien positif covid-19, diantaranya Kecamatan Bruno, Pituruh dan Grabag. (Nurul Retno M/Pt)


Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 1 =

Back to top button