Wisata Dan Kuliner

Dengan Prokes Ketat, Kolam Renang Artha Tirta Purworejo Tetap Buka

PURWOREJO, detakjateng -Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, kolam renang Artha Tirta yang terletak di Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, tetap dibuka. Selama pandemi kolam renang Arta Tirta sempat tutup hingga akhirnya beberapa waktu lalu mulai dibuka kembali untuk umum.

Berdasarkan pantauan pada, Minggu (23/05/2021), kolam renang yang pengelolaannya dibawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo tersebut tampak ramai didatangi pengunjung.

Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinparbud Purworejo Andang Nugerahatara Sutrisno mengatakan, selama pandemi berlangsung kolam renang tersebut belum pernah dibuka hingga pada tanggal 14 Mei 2021 lalu, akhirnya kolam renang Artha Tirta dibuka.

“Dibukanya kolam renang Artha Tirta sudah melalui proses konsultasi dan ternyata dalam aturannya kolam renang Artha Tirta memang boleh untuk dibuka, jadi akhirnya kita buka, namun catatan dengan diberlakukan pembatasan,” kata Andang saat ditemui di kantor Dinparbud Purworejo.

Lanjutnya, ditegaskan Andang, kolam renang tersebut, dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Jumlah pengunjung yang datang ke kolam renang juga dibatasi.

“Kapasitas kolam paling tidak 200 orang, tapi karena adanya pembatasan ini kita selalu pastikan bahwa yang dikolam besar itu tidak lebih dari 50 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Tri Seno, Kasi Obyek Daya Tarik Wisata Dinparbud Purworejo menyampaikan, bentuk dari penerapan protokol kesehatan di kolam renang Arta Tirta antara lain dengan mewajibkan pengunjung mencuci tangan ditempat yang telah disediakan sebelum masuk kawasan kolam renang Arta Tirta.

“Pengunjung juga diperiksa suhu badannya sebelum masuk dan di wajibkan memakai masker,” ungkpanya.

Sementara itu, meski masih dalam situasi pandemi, Marliya(29) salah satu pengunjung kolam renang yang berasal dari Kecamatan Butuh, Purworejo mengaku biasa saja dan tidak ada ketakutan saat mengunjungi kolam renang. Dirinya memang sengaja datang jauh-jauh untuk mengantar kedua anaknya berenang.

“Kalau saya biasa saja, yang penting tetap menerapkan prokes,” kata ibu dari tiga anak tersebut.

Terpisah, Eris (30) salah satu pengunjung lain yang berasal dari Kecamatan Bener/Purworejo mengatakan, penerapan protokol kesehatan di kolam renang Artha Tirta sudah bagus. Sebelum masuk ke kawasan kolam renang dirinya diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan diperiksa suhu badannya.

“Di dalam kawasan kolam renang juga selalu diingatkan oleh petugas agar selalu menerapkan prokes melalui pengeras suara,” pungkasnya. (May/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =

Back to top button