Kesehatan

Gelar Swab Antigen di Sejumlah Toko Swalayan Pasca Lebaran, 1 Karyawan Positif

WONOSOBO, detakjateng – Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonosobo yang terdiri dari jajaran Pemda, Kodim dan Polres Wonosobo menggelar swab antigen kepada sejumlah karyawan toko swalayan Rita, Trio dan Elena pada Senin (24/05/2021). Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 pasca lebaran.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Jaelan mengungkapkan, dalam swab antigen kali ini pihaknya menyasar sebanyak 199 karyawan di tiga toko swalayan. Hasilnya ada satu karyawan yang dinyatakan positif dari swab antigen tersebut.

“Satu karyawan tersebut langsung dilakukan swab PCR. Sambil menunggu hasilnya, karyawan tersebut diliburkan untuk menjalani isolasi mandiri,” ungkapnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat agar tidak kendor untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat beraktifitas, khususnya ditempat umum. Sebab, lanjutnya, masyarakat merupakan kunci suksesnya Penanganan Covid-19.

Sementara itu, Danramil 01/Wonosobo yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan swab antigen ini bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19 setelah lebaran. Lantaran sejumlah swalayan tersebut sempat ramai dikunjungi pembeli baik sebelum maupun setelah lebaran.

Dengan banyaknya pembeli yang datang untuk berbelanja, maka juga menimbulkan kerumunan. Oleh sebab itu, sebagai antisipasi munculnya klaster baru Satgas Covid-19 Kabupaten Wonosobo melakukan swab antigen kepada karyawan sejumlah toko modern.

“Kepada karyawan toko modern janganlah takut saat test swab antigen dilakukan, ini dilaksanakan semata-mata upaya pemerintah untuk mencegah perkembangan virus Covid-19 agar tidak bertambah,” tandasnya. (Aris/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 3 =

Back to top button