Kesehatan

Kabar Baik, Ajak Empat Lansia Untuk Vaksin Covid-19, Bonus Vaksin Gratis

PURWOREJO, detakjateng-Untuk mencapai target herd immunity tahun 2023, pemerintah terus memberikan vaksin secara gratis kepada masyarakat. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Purworejo telah dimulai sejak 25 Januari 2021. Seperti daerah lain, tahapan vaksinasi saat ini telah menyasar pada lansia yang merupakan prioritas ketiga.

Prioritas pertama diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes), kesempatan kedua pada pelayan publik (TNI, Polri, ASN, wartawan dan guru).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purworejo dr Sudarmi melalui Kasi Pengelola Program Imunisasi, Noviani saat dihubungi mengatakan bahwa,  vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) sedang dilakukan sampai saat ini.

“Jumlah lansia di Kabupaten Purworejo tercatat sebanyak 75.631 orang. Sampai saat ini jumlah lansia yang telah mendapatkan suntikan vaksin covid-19 ada 24 %.  Berarti sudah  18.172 orang lansia mendapat vaksin,”  jelas Noviani ketika dihubungi, Sabtu (29/5).

Ia menambahkan, untuk pelayanan vaksinasi covid-19 tersebar di 42 fasilitas kesehatan (faskes).  Faskes yang melayani vaksin terdiri dari 27 puskesmas, 3 klinik dan sisanya rumah sakit yang ada di Kabupaten Purworejo. Klinik yang melayani Vaksininasi yaitu Klinik Polres, Klinik DKT dan Klinik Raider 412. Untuk rumah sakit, 2 rumah sakit negeri dan 10 rumah sakit swasta.

“Untuk persiapan sekolah tatap muka, berdasarkan Surat Edaran (SE)  empat menteri, guru dan tenga pendidik (tendik) saat ini diprioritaskan mendapat vaksin,” kata Noviani.

Bahkan pemkab juga memiliki program bagi warga yang bisa  mengajak empat orang lansia untuk vaksin, maka yang bersangkutan juga mendapat bonus vaksinasi covid-19 saat itu juga.Ketersediaan vaksin corona yang terbatas, masih menjadi kendala utama program vaksinasi ini. Sehingga masih banyak sasaran  yang belum bisa diberikan vaksin. (Nurul Retno M/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + 5 =

Back to top button