Kesehatan

Libur Lebaran di Purworejo, Tim Gabungan Perketat Prokes Kepada Wisatawan

PURWOREJO, detakjateng – Guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 dan mengantisipasi munculnya klaster baru saat liburan Hari Raya Idul Fitri 2021 di objek wisata kabupaten Purworejo, puluhan aparat gabungan dari Kodim 0708 Purworejo, Polres Purworejo dan Satpol PP Purworejo melakukan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat kepada pengunjung objek wisata seperti di Pantai Dewa Ruci di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi dan Pantai Jetis di Desa Jetis, Kecamatan Grabag.

Pendisiplinan Prokes di lakukan di pintu masuk objek wisata dengan melakukan pengecekan suhu badan serta menyakinkan pengunjung menggunakan masker. 

Dandim 0708/Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim melalui Perwira Seksi Operasi ( Pasi Ops) Kapten Infanteri Daryanta mengatakan, para petugas melaksanakan kegiatan tersebut tidak hanya berhenti hingga disitu saja, namun para petugas juga melakukan patroli hingga ke bibir pantai menghimbau untuk tidak melakukan kerumunan. 

Menurut Daryanta, kegiatan penegakan protokol kesehatan itu yang di lakukan oleh aparat gabungan guna menekan penyebaran wabah covid-19 saat masyarakat mengisi liburan Hari Raya Idul Fitri. 

“Selain itu, kami juga memberikan himbauan kepada wisatawan untuk tidak mandi di laut karena gelombang yang cukup tinggi. Penegakan protokol kesehatan di lakukan oleh aparat gabungan tidak hanya di pantai ini saja, tetapi juga di lakukan menyeluruh di tempat wisata yang ada di Kabupaten Purworejo,” katanya, Senin (17/5/2021).

Lebih lanjut diungkapkan Daryanta, dalam penegakan prokes sebagian besar pengunjung sudah mematuhi aturan pemerintah dengan menggunakan masker, tidak melakukan kerumunan meskipun masih ada beberapa orang yang tidak menggunakan masker di tempat keramaian namun hal tersebut bisa di atasi dengan memberikan masker dan mengingatkan kembali tentang bahaya wabah covid-19.

“Semoga dengan hadirnya aparat gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP akan menekan penyebaran wabah covid 19 terutama dari objek wisata yang ramai di kunjungi masayarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Daryanta pihaknya akan terus memantau melalui aparat babinsa situasi objek wisata di wilayah Kabupaten Purworejo. Satgas gabungan juga akan terus menghimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah untuk mematuhi prokes dengan menjalankan 5 M sehingga penyebaran wabah covid 19 bisa segera berakhir. 

“Saat ini masyarakat sudah mulai jenuh untuk menjalankan 5 M, namun kami bersama aparat yang lain akan terus mengingatkan, menghimbau agar hal tersebut bisa terus di lakukan,” pungkas Daryanta. (May/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 19 =

Back to top button