Featured

Mengenal Kopi Sorga Kecamatan Baturraden

BANYUMAS, detakjateng- Ada yang sesuatu yang unik, dibawah tangga Kantor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Terdapat semacam coffe dimana Camat Baturraden Budi Nugroho menyebut “KOPI SORGA” atau kepanjangan konsultasi sambil ngopi nang ngisor tangga. Inovasi ini dilakukan mengingat sering ditemukan ide yangbagus saat ngopi santai.

Kopi merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya. Untuk mengenalkan kopi dari Baturraden, Camat Baturraden Budi Nugroho memamerkan pada tempat khusus di Kantor Kecamatan Baturraden. Letaknya tepat berada dibawah tangga menuju lantai 2, kantor tersebut. Ruang kecil ukuran kurang lebih 3 x 6 meter tersebut dijadikan “KOPI SORGA” atau tempat Konsultasi Sambil Ngopi Nang Ngisor Tangga, yang menjadi tempat untuk ngopi dan ngobrol santai santai oleh Camat Baturraden Budi Nugroho dengan tamunya.

Tak segan-segan, dia sendiri meracik kopi untuk para tamu yang berkunjung. Menurutnya jika tamu diterima dimeja kerjanya banyak yang merasa canggung. Maka untuk memecahahkan ketegangan beberapa tamu diterima di KOPI SORGA.

Tempat ini semacam Coffe dilengkapi dengan produk Kopi asal Baturraden khusunya Kopi Alas Grumbul Kalipagu Desa Ketenger, sekaligus peralatan untuk meracik kopi.

Kopi sorga merupakan inovasi dari Camat Baturraden yang diciptakan menggerakkan upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain itu juga sebagai upaya mendukung Program Bupati Banyumas Achmad Husein yaitu “One Village One Product” satu desa satu produk unggulan.

“Grumbul Kalipagu Desa Ketengar memiliki hasil kopi yang cukup banyak yang terkenal dengan kopi alas yang dikembangkan oleh masyarakat. Bahkah oleh salah warga yaitu Tri Sumarko Kopi Alas sudah membuka warung kopi. Tempat ini sekaligus tempat memamerkan bahkan beberapa tamu dari luar kota bisa untuk bertransaksi,” katanya

Budi menambahkan keberhasilan agribisnis kopi membutuhkan dukungan semua pihak yang terkait dalam proses produksi kopi pengolahan dan pemasaran komoditas kopi. Upaya meningkatkan produktivitas dan mutu kopi terus dilakukan sehingga daya saing kopi di Indonesia dapat bersaing di pasar dunia (AN/PT)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + eleven =

Back to top button