Kesehatan

Jadi Klaster Baru, 79 Warga Desa Brenggong Positif Covid-19

PURWOREJO, detakjateng-Desa Brenggong, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, menjadi klaster baru penyebaran virus corona di Kabupaten Purworejo. Entah darimana virus tersebut pertama kali menyengat warga, namun bencana itu terdeteksi usia kepala desa, perangkat beserta keluarganya piknik ke obyek wisata Dieng, Kabupaten Wonosobo pada tanggal 29 Mei lalu.Akibatnya, sebanyak 79 orang warga terkonfirmasi positif covid-19, empat orang diantaranya meninggal dunia.

Kejadian ini membuat prihatin berbagai pihak, penanganannya pun diambil alih oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo. Semua warga yang positif terinveksi virus yang menyerang hampir seluruh dunia ini, dipindahkan ke RSUD Tjitrowardojo untuk isolasi, mulai Kamis sore (10/6).

“Untuk keperluan logistik warga, sudah ada bantuan dari Pemkab Purworejo. Ibu Wakil Bupati, Yuli Hastuti datang memberikan bantuan sembako,” terang Camat Purworejo, Sudaryono di Kantor Balai Desa Brenggong.Ia menjelaskan, sebanyak 113 orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif telah diswab. Hasilnya, 79 orang dinyatakan positif covid-19. Sedangkan yang masih menunggu hasil swab sebanyak 30 orang.

“Mulai hari ini, penanganannya diambil alih oleh Satgas Kabupaten. Rencana akan dilakukan isolasi terpusat di RSUD Tjitrowardojo dan RSUD Tjokronegoro. Memang banyak yang tidak mau, tapi akan kami lakukan pendekatan supaya pemindahan lancar,. Dengan isolasi terpusat, akan makin mudah memantau karena ada tenaga medisnya juga,” lanjut Sudaryono.

Berkaca dari kejadian di Desa Brenggong, Sudaryono berpesan agar warganya mengurangi perjalanan ke luar kota. “Saya minta kegiatan yang menimbulkan kerumunan tidak diadakan dulu. Jagalah demi diri sendiri dan lingkungan. Kami tidak pernah membayangkan bisa sebanyak ini yang positif. Intinya patuhi 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak minimal 1,5 meter, Menjauhi kerumunan, Mrngurangi mobilitas),” tegas Sudaryono. 

Akibat 9 perangkat Desa Brenggong positif corona, pelayanan dipindah ke rumah Kasi Pemerintahan dengan protokol kesehatan ketat. (Nurul Retno M./AN).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − one =

Back to top button