Kesehatan

KA Sawunggalih Hadir Memenuhi Kebutuhan Masyarakat dengan Syarat Wajib Prokes

PURWOREJO, detakjateng – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daop 5 Purwokerto akan menjalankan KA Sawung galih relasi Cilacap-Ketapang setiap hari selama bulan Juni 2021. Hal tersebut untuk melayani kebutuhan masyarakat Kutoarjo dan Cilacap yang akan bepergian ke Jakarta dan Ketapang maupun sebaliknya.

“Rangkaian KA Sawunggalih ini terdiri dari 2 kereta kelas eksekutif dan 6 kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 406 tempat duduk sedangkan KA Wijaya Kusuma terdiri dari 4 kereta eksekutif dan 3 kereta ekonomi premium dengan kapasitas 275 tempat duduk,” kata Ayep Hanapi Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Jumat (11/06/2021).

“Namun kapasitas di KA selama masa pandemi adalah maksimal sebesar 70 persen dari total kapasitas tempat duduk. Pembatasan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan pemerintah berdasarkan SE Kemenhub No. 14 tahun 2020,” ujarnya.

Lanjutnya, diungkapkan Ayep, semua calon penumpang wajib memenuhi persyaratan berupa surat keterangan negatif Covid-19 dengan tes RT-PCR/Rapid Tes Antigen yang berlaku 1×24 jam atau surat keterangan negatif tes GeNose C19 sebelum keberangkatan sesuai dengan Adendum SE Nomor 13 Tahun 2021 yang mengatur tentang pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Lebih lanjut, dijelaskan Ayep, untuk jadwal perjalanan KA Sawunggalih Pagi relasi Kutoarjo-Pasar Senen berangkat pukul 07.00 Wib, KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo-Pasar senen berangkat pukul 19.00 Wib Sedangkan untuk KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang berangkat pukul 15.10 Wib.

“PT KAI Daop 5 Purwokerto mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan kereta api yang telah mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan. Terus terapkan protokol kesehatan secara konsisten dan disiplin untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 dan 5 M harus dipatuhi, salam sehat,” pungkas Ayep.

Sementara, karena pada saat ini masih dalam masa pademi, maka pelanggan dalam reservasi tiket KA dapat dilayani dan dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI. Untuk informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021) 121, Layanan pelanggan cs@kai.id serta Media Sosial @keretaapikita @kai121_ (May/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 11 =

Back to top button