Kesehatan

Patroli Prokes di Alun-alun Purworejo, Tak Kenal Waktu

PURWOREJO, detakjateng.co.id-Patroli protokol kesehatan (prokes) bagi pengunjung di Alun-alun Besar Purworejo, Jawa Tengah, tetap masih diperketat oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Alun-alun Purworejo. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona-19.

“Kami masih ketat untuk melakukan patroli mengenai prokes bagi pengunjung di Alun-alun Purworejo. Tentunya patroli ini tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan pengunjung, maupun pengunjung yang melanggar prokes seperti pengunjung yang tidak memakai masker dan lain sebagainya,”  kata Kepala Dinparbud Purworejo, Agung Wibowo, Senin (07/06/2021).

Lanjutnya, disampaikan Agung, pengawasan oleh UPT Alun-alun Purworejo tersebut dilakukan selama 24 jam baik melalui pengawasan CCTV maupun patroli oleh para petugas tersebut.

“Karena saat ini di Alun-alun juga dilengkapi dengan CCTV. Untuk CCTV terdapat delapan kamera yang memonitor di setiap sudut alun-alun dan rencananya akan ditambah lagi kedepannya. Patroli oleh petugas UPT 24 jam pada jam-jam tertentu, petugas dibagi menjadi tiga shift, setiap saat mereka memantau melalui CCTV maupun keliling dengan berjalan kaki atau dengan sepeda, tapi ya namanya kelengahan pasti ada, karena itu patroli sekarang lebih diperketat dan pengunjung yang tidak mematuhi prokes diberi teguran, ini tentunya bertujuan untuk memujudkan kesehatan bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, disampaikan Agung, khusus untuk petugas patroli yang ada di UPT Alun-alun Purworejo ada sebanyak sembilan personil. Jika pengunjung alun-alun terlihat ramai, petugas patroli akan dibantu oleh petugas di UPT alun-alun Purworejo yang lain.

“Seperti malam Sabtu atau malam Minggu biasanya akan dibantu petugas lain, maupun pada hari libur besar. Kami juga tidak henti-henti menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes pada saat berkunjung di alun-alun, seperti sebelum masuk area alun-alun cuci tangan dulu yang telah disediakan dan wajib memakai masker serta jangan berkerumun,” pungkasnya. (May/AN)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + eighteen =

Back to top button