Kesehatan

Varian Baru Corona Belum Terdeteksi di Purworejo, Masyarakat Tetap Wajib Patuhi Prokes

PURWOREJO, detakjateng.co.id-Virus Corona varian jenis baru diketahui telah masuk ke wilayah Indonesia. Akan tetapi, dari semua pasien yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sejauh ini belum terdapat yang terdeteksi terkena virus Corona varian jenis baru tersebut.


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr. Tolkha Amaruddin mengatakan, memang hingga saat ini virus corona varian baru belum terdeteksi menginfeksi pasien covid-19 yang ada di Kabupaten Purworejo.
“Kita baru mengirimkan satu sampel beberapa waktu lalu, tetapi tidak memenuhi syarat, akhirnya tidak diperiksa,” kata Tolkha saat dihubungi, Jumat (04/06/2021).


Lanjutnya, Tolkha memaparkan, berdasarkan laporan dari pusat, varian virus Corona jenis baru yang sudah masuk ke Indonesia adalah B.117 asal Inggris, kemudian B.1351 asal Afrika Selatan dan varian mutasi ganda dari India B. 1617.
“Varian tersebut digolongkan dengan Varian of Concern (VOC) yang perlu diwaspadai. Dari tiga jenis varian tersebut, varian B.117 diketahui memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi sekitar 36 persen hingga 75 persen dibandingkan dengan jenis virus Corona yang beredar sebelumnya,” ungkapnya.


Lanjutnya, ditegaskan Tolkha, namun untuk itu pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) dengan pola 5 M agar varian baru tersebut tidak masuk ke Purworejo.


“Pola 5 M yaitu, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1,5 meter, membatasi mobilitas ditempat umum dan menjauhi kerumunan atau keramaian,” pungkasnya. (May)AN)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 11 =

Back to top button