Pemerintahan

Kabupaten Purworejo Raih Kabupaten Layak Anak Madya

PURWOREJO, detakjateng-Kabupaten Purworejo kembali meraih Penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kategori Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Selain Purworejo, ada 12 kabupaten/kota lain yang meraih penghargaan tersebut.

Pertama kali, Kabupaten Purworejo meraih predikat KLA tahun 2017, berikutnya tahun 2018 kembali meraih penghargaan untuk kepedulian terhadap anak tersebut dengan peringkat Pratama.Kemudian pada tahun 2019 naik peringkat dari Pratama ke Madya.Akibat pandemi, tahun 2020 KLA sempat ditunda yang  kemudian diselemggarakan lagi tahun 2021. Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual, dipimpin Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kamis (29/7). 

“Kita semua patut berbangga, semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di Kabupaten Purworejo,” kata Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti usai mengikuti acara di Command Centre Dinkominfo Purworejo. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosduk KB PPPA), dr Kuswantoro menjelaskan, penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Proses evaluasi dilakukan oleh tim kementerian PPPA dari kementerian lembaga dan tim independen. Evaluasi yang dilakukan yakni mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan. Muaranya pada penghargaan KLA yang terdiri dari 5 peringkat, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama dan baru dinyatakan KLA.

“Dengan penghargaan ini diharapkan bisa menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan apa yang sudah diraih dan semoga ke depan dapat lebih baik,” harap Kuswantoro. (Nurul Retno M)

Foto :
Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti mengikuti acara penyerahan Penghargaan KLA secara virtual di Command Centre Dinkominfo Purworejo. (Foto: Ist) 

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × five =

Back to top button