Kesehatan

Klaster Keluarga Sumbang Banyak Kasus Positif Covid-19


PURWOREJO, detakjateng-Penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia sangat cepat, termasuk di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Penambahan luar biasa terjadi pasca Lebaran lalu, bahkan dalam dua hari, Rabu dan Kamis, pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 445 orang. Sebanyak 15 orang yang positif dan tiga orang probable Covid-19 meninggal dunia.

Sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito berharap agar di tiap desa ada tempat isolasi terpusat. Pemerintah, Polisi, TNI pun telah mati-matian berusaha agar virus ini tak makin mengganas. Bahkan di Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 ini, peringatannya pun dilaksanakan dengan sangat sederhana dan protokol kesehatan yang ketat.”Dari pengamatan kami, yang membuat kasus positif Covid-19 bertambah naik adalah transmisi (penularan) antar anggota keluarga. Karena itulah, di tiap desa harus ada tempat isolasi terpusat,” kata Marito saat ditemui usai kegiatan Hari Bhayangkara di kantornya, Kamis (1/7).

Pada prinsipnya, lanjut Kapolres, untuk menekan angka penyebaran virus harus ada partisipasi dan kesadaran semua warga dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Sekarang kan banyak yang positif covid-19 minta isolasi mandiri (isoman). Permasalahannya,  layak tidak tempat mereka dibuat isoman. Tidak semua rumah memiliki ruang isolasi yang benar-benar tidak bersentuhan dengan orang lain termasuk anggota keluarganya,” lanjut Marito.

Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara, Polisi menyelenggarakan vaksinasi massal. Animo masyarakat ternyata tinggi, dari target 4.000 peserta yang ikut 4.500 orang. Kapolres pun menegaskan, pihaknya siap menyukseskan PPKM Darurat Jawa Bali yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo mulai tanggal 3 Juli mendatang. (Nurul Retno M/Pt)

Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito. (Foto: Nurul Retno M) 

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 1 =

Back to top button