Berita UtamaLingkungan Dan Pertanian

Sapi 1 Ton Milik Kades Inayah Dibeli Presiden Jokowi

REMBANG, detakjateng – Terharu sekaligus merasa bangga. Itulah pengakuan Inayah (45), Kades Sendangagung, Kecamatan Kaliori, Rembang, kepada detakjateng, Sening (19/7/2021), ketika sapi jantan miliknya dibeli Presiden Joko Widodo untuk korban, Selasa besok (20/7).


Sapi yang di juluki “Raja” tersebut Senin siang ini diangkut ke Grobogan untuk disembelih disana Selasa besok sebagai sumbangan Jokowi kepada warga Grobogan.


“Awalnya saya dihubungi petugas Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Rembang dan sempat memfoto Raja. Beberapa saat kemudian saya dihubungi seseorang yang mengakui orangnya Bp Presiden Jokowi dan menanyakan harga sapi jenis PO miliknya. Saya katakan saat itu bahwa harganya Rp 100 juta. Dan orang itu menawar Rp 90 juta Langsung saya berikan. Dan pembayaran lewat transfer tidak berbelit. Saya merasa bangga sapi di beli presiden,” ungkap Inayah, Senin (19/7).


Inayah mengatakan, sapi jantan miliknya itu berumur tiga tahun. Saat ini bobot sapi Raja sekitar 950 kg atau hampir satu ton. Perawatan sapi jantan jenis PO miliknya itu diistimewakan dari sapi lainnya. Khusus sapi tersebut menghabiskan pakan senilai Rp 50 ribu per hari.


“Pakannya terdiri konsentrat di campur dengan kedelai yg di rebus satu kali sehari. Malamnya dengan pakan rumput gajah, jerami dan pohon tebon muda. Dan pakan itu ternyata cocok dan mempercepat pertumbuhan sapi,” tutur Inayah yang di dampingi suaminya Youri.
Keluarga Inayah memang dikenal sebagai pedagang sapi. Menjelang korban 1442 H tahun ini ratusan sapi telah terjual, Bahkan beberapa waktu lalu telah mengirim 350 ekor sapi ke Purwakarta untuk memenuhi permintaan sapi korban di Jabar dan DKI. Harganya bervariasi antara Rp 25 juta – Rp 55 juta per ekor.
“Kami juga melayani permintaan sapi korban untuk lokal Rembang dan sekitarnya,”tutur Inayah.
Plt Kepala Dintanpan Rembang Agus Iwan mengatakan, kualitas sapi jenis PO asal Rembang tidak kalah dengan daerah lain. “Rembang memang diplot sebagai salah satu daerah penghasil sapi PO atau sapi unggul di Jateng,” ujar Agus Iwan. (Daryono/Pt)


Ket gb. Sapi “Raja” milik Inayah, Kades Sendangagung, Kaliori, Rembang, yang di beli Presiden Jokowi. Foto : Daryono.

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + one =

Back to top button