Pendidikan Dan Budaya

SMK Pancasila 1 Kutoarjo Selenggarakan MPLS Secara Daring

PURWOREJO, detakjateng.co.id- Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir memaksa seluruh sekolah di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 secara virtual atau dalam jaringan (Daring) penuh. 

Sehingga sejumlah sekolah pun bekerja keras dalam mengonsep kegiatan demi tercapainya tujuan utama MPLS sekaligus memotivasi siswa untuk tetap tegar dalam menghadapi masa-masa penuh keterbatasan akibat pandemi.

Dalam penyelenggaraan MPLS antara lain seperti di SMK Pancasila 1 Kutoarjo tepatnya di Jalan Mayjend S Parman Kutoarjo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kegiatan MPLS mulai Senin hingga Rabu 12-14 Juli 2021 itu, dengan diisi berbagai kegiatan edukatif yang penuh kreativitas dan menyenangkan.

“Kita sudah melaksanakan kegiatan MPLS selama 3 hari. Kita juga belajar dari pengalaman tahun lalu yang juga masa pandemi, MPLS tahun ini kita rancang sedemikian rupa sehingga meskipun full daring, kegiatan tetap optimal dan berkesan bagi peserta didik baru,” kata Eko Gusnawan, Ketua Panitia MPLS SMK Pancasila 1 Kutoarjo, Sabtu (17/07/2021).

Lanjutnya, diungkapkan Eko, kegiatan MPLS tersebut mengangkat tema Tegar di Tengah Keprihatinan, Menjadi Teladan Merajut Sukses Masa Depan. Sejalan dengan tema itu, sekolah mengarahkan MPLS sebagai media membangun motivasi peserta didik agar tidak menyerah menghadapi pandemi, tetap disiplin menjaga kesehatan, dan menjadi teladan bagi lingkungan. Selain itu juga tetap semangat meraih prestasi.

“MPLS tahun ini diikuti 276 siswa baru dengan rincian 273 laki-laki dan 3 perempuan. Alhamdulillah selama tiga hari seluruhnya sangat antusias mengikuti kegiatan,” ungkap Eko.

Lebih lanjut, dijelaskan Eko, beberapa kegiatan intinya antara lain Budaya SMK Pancasila 1 Kutoarjo, Tata Krama dan Sosialisasi Protokol Kesehatan. Tata Tertib dan Hubungan Tata Tertib dengan Budaya Industri. Lalu Profil Sekolah, Penyuluhan kesehatan reproduksi remaja, stunting, dan Triad KRR, serta motivasi diri. 

“Selain itu, sekolah juga menghadirkan Kapolsek Kutoarjo, AKP Markotib, untuk memberikan materi seputar Kamtibmas dan wawasan kebangsaan. Ada beberapa kegiatan lain untuk menarik minat siswa. Kami juga memberikan apresiasi kepada siswa tergiat di masing-masing kelas,” jelas Eko.

Sementara itu, Kepala SMK Pancasila 1 Kutoarjo, Septi Endah Parwati, mengungkapkan bahwa MPLS virtual berpedoman pada sejumlah regulasi, antara lain Peraturan kemendikbud, Instruksi Gubernur Jawa Tengah Selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah. Menurutnya, MPLS merupakan kegiatan wajib pada tahun ajaran baru untuk mempersiapkan peserta didik dalam memasuki lingkungan belajar dan lingkungan sosial yang baru di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. 

“Kami menghimbau agar siswa selalu menjaga kesehatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M, terlebih dalam masa PPKM saat ini. SMK Pancasila 1 Kutoarjo memiliki konsep sekolah nasionalis dan religius, semoga pembelajaran selama 3 tahun nanti dapat dijalani dengan baik oleh seluruh siswa,” ujar Septi. 

Pihaknya berharap orang tua siswa tetap memantau dan membimbing putra-putrinya selama masa MPLS hingga pembelajaran nantinya yang direncanakan masih secara Daring. (May/Pt)

Foto: Perwakilan siswa kelas 11 bersama guru pendamping memimpin pelaksanaan literasi pagi dalam MPLS Daring di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. DARING Kapolsek Kutoarjo memberikan materi wawasan kebangsaan secara Daring dalam MPLS Daring di SMK Pancasila 1 Kutoarjo/ (foto: istimewa).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 11 =

Back to top button