Kesehatan

UMP Purworejo Bagikan Daging Qurban ke Warga Isoman dan Warga Terdampak PPKM Darurat

PURWOREJO, detakjateng.co.id- Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Jawa Tengah, menggelar penyembelihan hewan qurban di komplek kampus timur UM Purworejo, pada Rabu (21/07/2021). Hasil qurban, daging dibagikan kesejumlah desa binaan UMP dan sejumlah warga terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19, juga keluarga yang terpapar Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman). 

Koordinator seksi penyembelihan dan distribusi qurban UMP, Diki Anwar Sani mengungkapkan, bahwa tahun ini ada 4 ekor sapi yang kita sembelih, dengan rincian yaitu 2 ekor sapi qurban mandiri Dosen dan tenaga kependidikan UMP.

“Ini dari mahasiswa sendiri ada 2 ekor sapi qurban dari iuran mahasiswa UMP sendiri,” katanya saat ditemui disela kegiatan penyembelihan.

Dikatakan, penyembelihan hewan qurban sengaja dilaksanakan di hari kedua Idul Adha atau tanggal 11 Djulhijjah, karena sesuai aturan PPKM Darurat covid-19, penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari kedua.

“Kegiatan penyembelihan kita laksanakan dihari kedua sesuai aturan PPKM dengan mengedepankan protokol kesehatan  secara ketat dan selalu menerapkan 5M,” ujarnya.

Hasil qurban, lanjutnya, daging akan dibagikan kepada masyarakat yang mengajukan secara resmi ke panitia qurban UMP, diantaranya warga di Kelurahan Baledono, Purworejo, warga di Desa Jatirejo, Kaligesing, warga di Kelurahan Cangkrep kidul, Purworejo warga di Kecamatan Butuh, dan Jono, Bayan serta beberapa desa lain. Selain itu daging qurban juga akan distribusikan ke desa binaan UMP yaitu Desa Sedayu, Kecamatan Loano.

“Kami juga akan mengalokasikan atau memberikan daging qurban kepada warga yang terpapar positif covid-19, yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di sejumlah desa yang mengajukan atau yang tinggal di desa binaan UMP,” jelasnya.

Disampaikan, kegiatan penyemebelihan hewan qurban itu telah dilaksanakan secara rutin disetiap tahunya, selain sebagai sarana ibadah di Hari Raya Idul Adha, penyembelihan hewan qurban juga sebagai syiar agama islam dan membantu masyarakat yang membutuhkan. 

“Semoga kedepan lebih semarak lagi, dan diharapkan kegiatan ini bisa sedikit membantu atau meringankan beban masyatakat dalam memenuhi kebutuhan daging terlebih di masa PPKM darurat covid-19 ini,” tandasnya. (May)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + two =

Back to top button