Kesehatan

Vaksin Untuk Masyarakat di Kodim Purworejo Masih Kurang

PURWOREJO, detakjateng.co.id-Bupati Purworejo Agus Bastian menyampaikan terimakasih kepada keluarga besar Kodim 0708 Purworejo, yang telah mengadakan kegiatan Serbuan Vaksin kepada masyarakat Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sebanyak 1.150 dosis di Makodim Purworejo, Sabtu (03/07/2021) kemarin.

“Dengan kegiatan seperti itu, diharapkan dapat mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi. Karena sampai saat ini, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Purworejo untuk dosis 1 baru mencapai 58 % dan dosis 2 baru 37,3%, dari sasaran 123.060 orang,” kata Bupati, Senin (05/07/2021).

Menurut Bupati, setelah sempat melandai pada awal tahun 2021 lalu, ternyata kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo bahkan di seluruh Indonesia saat ini kembali mengalami peningkatan. Bahkan kini Kabupaten Purworejo telah masuk zona merah dan harus mentaati PPKM Darurat dengan level 3. 

“Sehingga harus mengikuti aturan pengetatan aktivitas masyarakat, yang dilaksanakan pada masa PPKM Darurat yaitu mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang,” ungkap Bupati.

Dengan adanya kegiatan di Kodim 0708 Purworejo, Bupati berharap semakin meningkatkan jumlah warga yang mendapatkan vaksinasi, agar segera terbentuk kekebalan komunal (herd immunity). 

“Namun perlu diingat, bahwa orang yang sudah divaksin tidak otomatis kebal dari Covid-19, namun setidaknya bisa mengurangi akibat buruk yang ditimbulkan. Sehingga orang yang divaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian kegiatan 1 juta vaksin di wilayah Korem 072/ Pamungkas. 

“Jatah kita hanya 1.150 dosis, tetapi animo masyarakat sangat luar biasa melebihi itu, makanya sampai kita janjikan nanti setelah ini akan ada lagi,” ungkapnya.

Dikatakan Dandim, bahwa tingginya animo masyarakat tidak terlepas dari keras TNI, Polri Satpol PP, yang memberikan pencerahan bahwa vaksin ini adalah langkah yang efektif untuk menghentikan virus. 

“Tetapi bukan serta merta setelah di vaksin kita kebal. Tentunya 5 M harus juga diterapkan yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pungkas Dandim. (May)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + 6 =

Back to top button