Berita Utama

Banyak Pengunjung Rest Area Langgar Prokes, Dirlantas Kembali Lakukan Penyekatan

PURWOREJO, detakjateng-Sejak PPKM Darurat hingg PPKM Level 3,4 diberlakukan, angka positif Covid-9 di Jawa Tengah menurun. Akan tetapi, masyarakat diminta untuk tidak euforia sehingga mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Dengan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) kita dapat melindungi diri dan orang lain dari virus corona.

Untuk mengantisipasi kembali terjadinya lonjakan Covid-19, Polisi akan melakukan penyekatan jalan. Hal tersebut dikemukakan oleh Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M Rudy Syafirudin melalui keterangan pers yang disampaikan oleh Humas Polres Purworejo, Kamis (26/8). 

“Angka positif covid-19 di Jawa Tengah menurun berkat  pelaksanaan kegiatan penyekatan PPKM Mikro dan PPKM Darurat. Dalam kesempatan ini, saya menginformasikan bahwa kami akan melakukan penyekatan kembali khususnya pada hari libur,” kata Dirlantas dalam rilis media, Kamis (26/8).

Penyekatan akan dilakukan pada hari libur, Sabtu dan Minggu. Pada hari-hari libur tersebut, biasanya banyak pengguna kendaraan datang ke Jateng untuk berekreasi maupun mengunjungi sanak saudara.Tidak lagi mengedepankan penindakan seperti putar balik atau sebagainya, namun lebih kepada edukasi terhadap seluruh pengguna kendaraan.Pengemudi dan penumpang kendaraan akan dicek apakah sudah mengunduh aplikasi pedulilindungi atau belum. “Jika belum memiliki aplikasi itu, akan kami bantu. Dengan aplikasi tersebut akan kita ketahui mereka sudah vaksin atau belum,” terang Kombes Rudy.

Dirlantas menambahkan, vaksinasi adalah program milik pemerintah agar seluruh masyarakat bisa tervaksin. Seluruh Polres di Jateng setiap hari telah menyiapkan gerai-gerai vaksinasi yang bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin.

“Kemarin saya mendampingi Pak Kapolda mengecek rest area, kami prihatin. Banyak rest area penuh dan tidak menerapkan protokol kesehatan serta membebaskan mereka duduk tanpa memakai masker,” ungkap Rudy.

Hal tersebut membuat Dirlantas mengambil langkah inisiatif untuk melaksanakan penyekatan kembali.  “Kami tidak ingin Jawa Tengah yang sudah turun, gara-gara lengah dan kita tidak ada inisiatif maka angka covid tinggi kembali,” katanya. 

Penyekatan akan dimulai pada minggu ini di seluruh perbatasan-perbatasan kota/kabupaten. (Nurul Retno M)


Foto : Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Rudy Syafirudin (kiri). (Foto: dok Humas Polres Purworejo) 

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =

Back to top button