Kesehatan

Dekat Bandara YIA, Purworejo Jadi Perhatian Khusus Percepatan Vaksinasi

PURWOREJO, detakjateng-Kabupaten Purwprejo berada dekat dengan Bandara Baru Yogyakarta, Yogyalarta International Airport (YIA) di Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Karena itulah, Kementriann Perhubungan memiliki kepentingan agar vaksinasi merata di daerah sekitar Bandara YIA.

Hal itu dismapaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat mengunjungi gerai Vaksinasi ‘Bakti Untuk Negeri’ di halaman Kantor Kecamatan Bagelen, Jumat (28/8). Serapan vaksin di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah hingga saat ini masih mencapai 20%. Akhir tahun 2020 pemerintah pusat menargetkan tercapai 80%.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas Kolonel Mustakim dan anggota  Komisi V DPR RI, Sujadi.”Saya sangat mengapresiasi para tenaga kesehatan, anggota TNI dan Polri yang di tengah pandemi ini masih mau dan berani mrlakukan vaksin. Terutama pasar nakes, Anda semua adalah pahlawan di masa pandemi ini. Meski beresiko namun tetap berani menjalankan tugas,” kata Budi Karya.

Presiden Joko Widodo, lanjut BK, menyampaikan bahwa, masyarakat bawah, lansia dan anak-anak supaya diutamakan disuntik vaksin. “Menjelang sekolah tatap muka, anak-anak harus difasilitasi untuk memperoleh vaksin. Anak-anak juga harus terus diberi pendidikan soal protokol kesehatan dan budaya 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas),” terang menteri yang berasal dari Kabupaten Purworejo ini. 

Selain menyapa para nakes vaksinator dan warga yang sedang menunggu giliran divaksin, BK juga menyempatkan diri berdialog dengan para kepala puskesmas secara daring melalui layar lebar yang disediakan. Mereka pun serentak mengadakan vaksin di wilayahnya masing-masing.Target vaksin hari ini adalah 3.000 dosis yang disebar di 12 puskesmas dan satu sekolahan sebagai tempat atau gerai vaksinasi. 

Sementara Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan dari Kementerian Perhubungan serta semua pihak, sehingga Kabupaten Purworejo bisa melakukan vaksinasi serentak dengan jumlah sasaran total sebanyak 3.000 dosis. 

Disampaikan pada hari ini dilaksanakan vaksinasi 1.100 dosis di Kecamatan Bagelen, “Lalu sisanya dibagi pada 11 titik lokasi vaksinasi melalui puskesmas dengan melibatkan  tenaga vaksinator dari unsur nakes puskesmas, nakes rumah sakit maupun bantuan dari Kodim,” terangnya.Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan kepada berbagai lapisan masyarakat diantaranya berupa paket sembako, paket buah nusantara dan helm sebagai sarana berkendara. (Nurul Retno M)


Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 3 =

Back to top button