Kesehatan

Pemkab Kebumen Gencarkan Vaksinasi Untuk Ibu Hamil


KEBUMEN, detakjateng- Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19. Angka kematian ibu hamil yang terpapar virus ini juga cukup banyak. Bukan hanya di luar daerah, tapi juga di Kabupaten Kebumen.Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen sesuai petunjuk pusat, juga tengah melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil. Tujuannya agar ketahanan tubuh mereka lebih kuat, ibu dan bayinya pun bisa tetap sehat.

“Kita tengah melaksanakan program vaksinasi bagi ibu hamil. Antusiasme ibu-ibu hamil untuk mengikuti vaksin sangat tinggi. Mereka ingin ingin menjaga dirinya dan buah hatinya tetap sehat dengan vaksin,” kata Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto dalam rilis media, Selasa (24/8).

Menurut data yang disampaikan bupati, ibu hamil yang dirujuk rumah sakit karena terpapar Covid-19 meningkat. Akibatnya dokter kandungan di Kebumen juga turut tertular Covid-19. Untuk itu, ia meminta agar vaksinasi bagi ibu hamil ke depan harus lebih ditingkatkan, menjadi skala prioritas.

“Jadi kalau kondisi normal biasanya ada 6 yang dirawat, sekarang bisa sampai 20 ibu hamil yang dirawat di rumah sakit. Ini menjadi perhatian bersama agar, fokus pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil ditingkatkan,” kata Arif.Secara keseluruhan, vaksinasi di Kebumen sudah mencapai 27 persen. Adapun untuk penyerapannya, di Jawa Tengah Kabupaten Kebumen masuk rangking 1 terbaik.

“Tapi dari segi jumlah kita masih nomor dua, urutan pertama Kota Semarang,” terang Bupati.Pemerintah saat ini masih mengalami tunggakan vaksinasi ke dua sebanyak 72 ribu dosis vaksin. Menurut Bupati, Ini menunjukan kecepatan vaksinasi pertama yang diupayakan pemerintah cukup baik.”Memang kendala kita ini kan vaksinasi dari pusatya. Jadi kita sifatnya selalu menunggu kiriman vaksin dari pusat. Jadi kita juga berharap, kiriman vaksin ini bisa datang tepat waktu,” pungkas Arif. (Nurul Retno M)


Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 9 =

Back to top button