Kesehatan

Pemkab Wonosobo Terus Upayakan Pemenuhan Kebutuhan Oksigen

WONOSOBO, detakjateng – Pemerintah Kabupaten Wonosobo berupaya memenuhi kebutuhan oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit dan sejumlah puskesmas. Hal itu dilakukan untuk menghindari kekurangan pasokan oksigen yang bisa menjadi kendala serius terhadap penanganan pasien, terutama pada kasus konfirmasi Covid-19 dengan gejala yang membutuhkan penanganan cepat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo mengatakan, pihaknya terus berusaha dengan sekuat tenaga mencari solusi untuk terus memenuhi kebutuhan oksigen. Termasuk yang dilakukan Pemkab baru-baru ini dengan membeli ratusan tabung untuk didistribusikan ke sejumlah wilayah.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terhadap kelangkaan oksigen,” ungkapnya, kemarin.

Pihaknya memastikan seluruh wilayah di Wonosobo saat ini telah tersedia oksigen yang akan digunakan untuk merawat pasien. Namun lebih diutamakan bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang memiliki gejala.

“Untuk yang ke RS masing-masing langsung kita distribusikan. Lalu untuk yang Puskesmas karena berada di wilayah, kita tempatkan di kantor Dinkes,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo dr. Mohamad Riyatno melalui sambungan telephone menjelaskan, saat ini pemenuhan oksigen diprioritaskan ke RS. Untuk Puskesmas di wilayah, pengisiannya dan distribusinya secara bertahap karena keterbatasan barang.

“Saat ini pemenuhan oksigen prioritas ke RS. Kita terus mengupayakan dan berkoordinasi langsung ke produsen-produsen oksigen untuk pengisiannya agar tidak terjadi kelangkaan,” tandasnya. (Aris)


Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − three =

Back to top button