Hukum, Kriminal Dan MiliterNasional

Polisi Bekuk Dua Remaja Peretas Situs Sekretariat Kabinet

JAKARTA, detakjateng – Kepolisian Republik Indonesia berhasil meringkus dua remaja asal Padang, Sumatera Barat, pelaku peretasan situs Sekretariat Kabinet (Setkab), keduanya ditetapkan sebagai tersangka dan sudah menjalani penahanan di Jakarta.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, dalam konferensi pers di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Senin, mengatakan dua tersangka yakni BS alias Zyy berusia 18 tahun dan MLA atau Lutfifake usia 17 tahun.

“Kami sampaikan telah dilakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku perentasan laman website (laman/situs) Setkab RI yang dilakukan di wilayah hukum Polda Sumatera Barat,” terang Kombes Pol. Ahmad Ramadhan sebagaimana dirilis dari laman resmi Mabes Polri.

Kedua pelaku ditangkap terpisah, pelaku pertama BS alias Zyy ditangkap Kamis (05/08/21) di wilayah Nanggalo, Sumater Barat. Dari pelaku disita barang bukti satu unit laptop atau komputer jinjing dan satu unit ponsel.

Pelaku kedua MLA yang masih berstatus anak di bawah umur ditangkap pada hari Jumat (06/07/21) pukul 13.00 WIB di Pasar Baru Nagari, Kabupaten Dharmasraya, Padang, Sumatera Barat.

“Barang bukti yang disita dari pelaku satu ‘laptop’ dan dua unit ponsel,” jelas Perwira Menengah Divisi Humas Polri.

Kabag Penum Divisi Humas Polri menuturkan bahwa tersangka BS alias Zyy saat ini diamankan di Rutan Bareskrim Polri, sedangka ML yang masih berstatus anak di bawah umur dititipkan di Bapas Anak, Cipayung, Jakarta Timur.

Keduanya dijerat dengan Pasal 46 ayat (1), (2), dan (3) juchto Pasal 30 ayat (1), (2), dan (3), Pasal 48 ayat (1) juchto Pasal 32 ayat (1) dan Pasap 49 juchto Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (*/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − ten =

Back to top button