Ekonomi

Dorong Ketahanan Pangan Warga Kurang Mampu, Polsek Polokarto Serahkan Bantuan Bibit Lele

SUKOHARJO, detakjateng- Sebagai upaya mendorong ketahanan pangan kepada masyarakat kurang mampu, Polsek Polokarto memberikan bantuan peralatan budidaya ikan lele. Bantuan tersebut menindaklanjuti atas apresiasi yang diberikan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi beberapa pekan lalu. 

Kapolsek Polokarto AKP Sriyadi mengatakan, sebagai langkah awal, sebanyak 10 warga mayoritas buruh perkebunan karet mendapat bantuan pembuatan kolam budidaya lele menggunakan media terpal ukuran 2 x 1 meter di rumah masing-masing. Bahkan bantuan yang diberikan tidak hanya peralatannya saja, tetapi juga bibit lele beserta pakannya.


“Ini sebagai wujud nyata apa yang menjadi perintah Bapak Kapolri di Polsek Polokarto yang telah ditinjau Kapolda beberapa waktu lalu, sebagai implementasi dari program ketahanan pangan, dimana setelah budidaya ikan di kolam Pandawa Polsek Polokarto sukses dan hasilnya dibagikan kepada masyarakat, sekarang kami ingin giliran masyarakat terlibat secara langsung,” katanya.


Berbekal pengalaman budidaya lele yang sudah didapat, Kapolsek ingin menularkan pengalaman dan ilmu budidaya lele tersebut dengan praktek langsung melalui bantuan budidaya ikan lele di menggunakan terpal.


“Jadi tujuannya adalah, agar masyarakat bisa melakukan apa yang sudah kami lakukan. Mulai dari bibitnya, hingga pengelolaanya akan kami bantu sampai ikannya tumbuh besar. Kalau sudah panen, hasilnya bisa dikonsumsi sendiri oleh warga,” ujarnya.


Menurut Kapolsek, dari 10 kolam terpal yang diberikan, masing – masing di isi 200 ekor bibit lele. Karena ini tahap pertama, maka bibit yang ditebar di kolam tidak banyak. Sifatnya masih ujicoba sambil dilakukan pendampingan.


“Untuk tindak lanjut ke depan, kami akan koordinasikan dengan kelompok – kelompok tani yang memang sudah berpengalaman membudidayakan lele. Selain itu, juga kami koordinasikan dengan Dinas Pertanian dan Perikanan agar mendapat bimbingan teknis pengembangannya,” sambung Kapolsek.


Sebelumnya, Kapolsek bersama Camat Polokarto dan Danramil Polokarto menyambangi buruh penyadap karet di perkebunan Alaska (Alas/hutan karet) Polokarto untuk berdialog sekaligus memberikan bantuan paket sembako.


Salah satu buruh penyadap karet yang juga penerima bantuan budidaya lele, Sangadi (47) mengaku senang mendapat perhatian dengan diberi bantuan sembako dan kolam ikan.
“Ini mungkin rejeki buat saya, mendapat bantuan budidaya lele lengkap. Ini sangat membantu kami sekeluarga di tengah kondisi pandemi saat ini. Nanti hasilnya akan kami konsumsi sendiri, tidak akan dijual,” pungkasnya. (FarraYumna/Pt)


Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 2 =

Back to top button