Kesehatan

Gandeng Polres, PWI Purworejo Gencar Galakkan Vaksinasi Dukung Percepatan Vaksinasi

PURWOREJO, detakjateng.co.id-Untuk mendukung percepatan Program Vaksinasi Nasional, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Purworejo, Jawa Tengah, gencar menggalakkan giat vaksinasi yang bekerjasama dengan Polres Purworejo melalui program Vaksinasi Merdeka Candi. 

Dalam kegiatan vaksinasi telah dua kali dilaksanakan. Untuk yang pertama dilaksanakan di Perumahan Pepabri, Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah. Vaksinasi yang kedua dilaksanakan di Balai Desa Loano, Kecamatan Loano, Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (01/09/2021). Kedepannya vaksinasi akan terus dilaksanakan di beberapa Kecamatan lainnya.

Ketua PWI Purworejo, Aris Himawan mengatakan, untuk vaksinasi di Kelurahan Borokulon telah terlaksana dua tahap. Tahap I terlaksana pada bulan Juli dan tahap II pada bulan Agustus 2021. Untuk kegiatan yang kedua dilakukan di Balai Desa Loano. 

“Konsep PWI peduli dengan melakukan vaksinasi ini dilakukan untuk mendukung percepatan program vaksinasi,” kata Aris.

Lanjutnya, untuk yang kedua ini, dilaksanakan untuk tahap I dan tahap II akan dilaksanakan 28 hari kedepan. Kedepannya vaksinasi rencananya akan terus dilaksanakan. Untuk rencana kedepan vaksinasi dilaksanakan di Pantai Dewaruci, Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Kaligesing.

“Untuk penyedia vaksin dan tenaga vaksinator dari Polres Purworejo,” ujarnya.

Disisi lain, Koordinator vaksinasi PWI area Kecamatan Loano, Jarot Sarwosambodo menyatakan, pihaknya melihat banyaknya persediaan vaksin di Polres Purworejo. Oleh karena itu, dalam hal ini PWI memfasilitasi untuk berkoordinasi dengan pihak Desa Loano dan desa-desa lain di Kecamatan Loano untuk mengikuti kegiatan vaksinasi.

“Kami fasilitasi ketemu dengan Pemdes lalu Pemdes berkordinasi dengan masyarakat untuk ikut melakukan vaksinasi. Pendataan dilakukan oleh perangkat desa untuk memudahkan warga,” ucapnya.

Diungkapkan, untuk kegiatan vaksinasi kali ini, menggunakan jenis vaksin moderna dengan kuota awal dijatah 500 untuk Kecamatan Loano. Namun dengan antusiasme yang tinggi, maka pihak Polres menambah kuota mejadi 1300-1500 dosis vaksin untuk vaksinasi tahap I ini.

Ditegaskan Jarot, untuk mencegah kerumunan, peserta vaksinasi tidak perlu menunggu mengambil sertifikat vaksinasi. Sertifikat vaksinasi nantinya akan dibagikan oleh perangkat desa bagi warga Kecamatan Loano. Untuk warga luar Loano bisa mengambil pada esok harinya di Balai Desa Loano.

“Ini masyarakat tidak perlu menunggu kartu jadi, tapi langsung istirahat dan pulang. Sementara kartu vaksin diambil perangkat desa masing-masing dan dibagi kerumah-rumah warga,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu peserta vaksinasi, Andi Prastiawan, warga Dukuh Sejiwan Kidul, Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Purworejo mengungkapkan, bahwa selaku warga dirinya mengaku dimudahkan dengan mekanisme pendataan vaksinasi oleh perangkat desa. Karena selama ini dirinya mengaku tidak tahu dimana untuk mendaftar dan mendapatkan vaksinasi.

“Dengan kartu vaksin dibagi oleh perangkat juga sangat membantu, jadi tidak perlu menunggu. Saya berharap dengan vaksinasi ini pandemi segera hilang, ekonomi juga kembali pulih, masyarakat sehat. Ternyata setelah di vaksin ini badan tidak terasa linu atau nggregesi seperti yang saya takutkan sebelumnya,” tandasnya. (May)

Keterangan foto: Salah satu peserta vaksinasi saat mengikuti giat vaksinasi yang digelar PWI Purworejo bekerjasama dengan Polres Purworejo di Balai Desa Loano, Kecamatan Loano, Purworejo, Jateng.

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + nineteen =

Back to top button