Pendidikan Dan Budaya

Jelang Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa UMPur Divaksin

PURWOREJO, detakjateng-Menyambut Kuliah Tatap Muka (KTM) serta dalam rangkaian peringatan milad ke-57, Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPur) menggelar vaksinasi massal. Peserta berasal dari mahasiswa, alumni, keluarga dosen dan tenaga kependidikan serta masyarakat umum. Vaksinasi dilaksanakan di Auditorium Kasman Singodimedjo, Jumat (3/9).

Rektor UMPur, Rofiq Nurhadi mengemukakan bahwa, pihaknya menyediakan 1.000 dosis vaksin Aztrazeneca dosis pertama. Usia peserta vaksin antara 18-50 tahun.

“Saat ini kami belum melaksanakan perkuliahan tatap muka, kecuali praktikum dengan pemberlakuan protokol kesehatan,” jelas Rofiq.Pemberian vaksin tahap pertama ini diutamakan untuk mahasiswa semester 1 dan 3. “Jika tidak ada perubahan besok 6 September semester 1 dan 3 akan ada perkuliahan luring (tatap muka). Mahasiswa yang belum vaksin tidak bisa ikut pembelajaran,” imbuhnya.

Vaksinasi untuk seluruh dosen dan tenaga kependidikan merupakan program kerja UMPur dalam menanggulangi Covid-19.

“Selama pandemi berlangsung, sudah 50 orang dosen dan mahasiswa terpapar Covid-19 dan satu orang dosen meninggal dunia,” jelasnya.Walaupun pandemi, namun animo masyarakat untuk mendaftar di UMPur tetap tinggi. Akan tetapi pengajuan beasiswa meningkat, biasanya pengajuan beasiswa hanya 150 mahasiswa, untuk saat ini mencapai 400 mahasiswa.

Sementara itu, Ketua Kegiatan Bakti Sosial Vaksinasi UMP, Umi Faizah mengatakan, teknis pendaftaran pihaknya menggunakan link pendaftaran yang di sebarkan melalui media sosial. Menurutnya animo pendaftar vaksinasi cukup tinggi, dibuktikan hanya dalam waktu 24 jam 1000 kuota pendaftar sudah terpenuhi. Guna menghindari kerumunan peserta vaksinasi dibagi menjadi 4 kloter.

“Kita juga membagi untuk bilik vaksin putra dan putri. Sebagai kampus yang basisnya islami kami menjaga privasi kaum muslimah dengan menyediakan bilik sendiri menggunakan sekat” pungkas Umi. (Nurul Retno M)


Mahasiswa UMPur disuntik vaksin Aztrazeneca. (Foto: Nurul RM) 

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =

Back to top button