Kesehatan

Klenteng Hok Tik Bio Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum

PURWOREJO,detakjateng -Melihat animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan vaksinasi, Klenteng Hok Tik Bio Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar vaksinasi massal. Pihak Klenteng menggelar vaksinasi ini juga atas dasar keprihatinan melihat pandemi yang belum juga berakhir dan perekonomian yang tak kunjung membaik. Vaksinasi untuk masyarakat umum tersebut dilaksanakan di samping Klenteng Hok Tik Bio yakni di Gedung Cempaka, Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (07/09/2021).

Ketua Klenteng Hok Tik Bio Kutoarjo, Hartono mengatakan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan atas inisiatif dari pihak Klenteng bekerjasama dengan Polres Purworejo melalui Polsek Kutoarjo dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Vaksinasi ini dilakukan karena melihat animo masyarakat di sekitar Kecamatan Kutoarjo yang begitu tinggi.
“Awalnya kita berkoordinasi dengan Polsek Kutoarjo dalam menggelar vaksinasi ini, lalu disepakati kami dari pihak klenteng memberikan fasilitas tempat, konsumsi dan akomodasi yang lain,” kata Hartono saat diwawancara di Klenteng Hok Tik Bio.

Lanjutnya, sedangkan untuk penyedia vaksin dan tenaga vaksinator dari pihak Polres Purworejo dengan menggunakan jenis vaksin Moderna. Peserta yang telah mendaftar kegiatan vaksinasi sejauh ini telah mencapai 1170 orang.

“Kami persiapan hanya seminggu, tapi dalam dua hari saja kami menyebar pengumuman di media sosial sudah banyak sekali yang mendaftar, cepat sekali,” sebutnya.

Diungkapkan, vaksinasi ini juga digelar atas keprihatinan pihak klenteng melihat banyaknya orang yang terpapar Covid-19. Menurutnya, adanya pandemi yang belum berakhir sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. 

“Kita juga ingin membantu ya, di masa pandemi ini kalau misal sakit orang bisa sampai sebulan tidak bisa bekerja mencari nafkah, saya juga sebagai pengusaha toko juga ikut rugi. Jadi beda kalau sudah vaksin, kalau sakit seminggu sudah bisa sembuh,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, program vaksinasi nasional dipercepat agar kekebalan komunitas juga bisa segera tercapai. Sehingga roda perekonomian masyarakat juga bisa kembali berjalan lancar.Selain vaksinasi ini, tambahnya, pihak klenteng juga sudah sering melakukan kegiatan sosial lainnya. Diantaranya adalah pembagian sembako, pembagian masker dan pemberian santunan anak yatim piatu.

“Dulu waktu masker masih langka kami membagikan masker kurang lebih 5000 masker. Untuk santunan anak yatim dibagikan sebulan sekali setiap tanggal 10 di klenteng ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kutoarjo, AKP Markotip menyampaikan, animo masyarakat begitu tinggi dalam mengikuti vaksinasi ini. Selain peserta yang sudah mendaftar, ada juga peserta tambahan yang mendaftar ditempat. 

“Sudah disediakan cadangan vaksin, tapi yang diutamakan yang sudah mendaftar, yang belum mendaftar bisa divaksin setelah yang terdaftar terpenuhi,” tuturnya.

Ditambahkan, dalam vaksinasi ini, sempat terjadi kendala yakni kerusakan printer untuk mencetak sertifikat vaksin. Akan tetapi, permasalahan tersebut bisa segara teratasi.

“Printer bermasalah sehingga sertifikat vaksin dibagi pada hari berikutnya di klenteng,” tandas Markotib. (May)

Keterangan foto: Vaksinasi yang diadakan oleh pihak Klenteng Hok Tik Bio Kutoarjo bekerjasama dengan Polres Purworejo di Gedung Cempaka, Kecamatan Kutoarjo.

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + sixteen =

Back to top button