Kesehatan

Polres Kebumen Gencarkan Sosialisasi Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

KEBUMEN, detakjateng-Aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu syarat perjalanan seluruh moda transportasi, baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian di masa pandemi Covid-19. Bahkan untuk masuk pusat perbelanjaan atau mall, pengelola akan memeriksa pengunjung sudah vaksin Covid-19 atau belum melalui aplikasi tersebut.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store ataupun App Store.

Pentingnya kegunaan aplikasi itu, Polres Kebumen bergerak cepat menyosialisasikan aplikasi kepada seluruh masyarakat melalui kegiatan patroli. Memang butuh kekompakan masyarakat untuk berpartisipasi saling membagikan data lokasi saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

“Anggota  Sat Lantas Polres Kebumen melakukan sosialisasi PeduliLindungi di seputaran Alun-alun Kebumen dengan cara membagikan pamflet kepada masyarakat tentang pentingnya aplikasi tersebut,” kata Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres, Iptu Tugiman,  Selasa (1/9).

Aplikasi ini, lanjut Iptu Tugiman, memiliki beberapa manfaat, diantaranya dapat membantu petugas memastikan proses validasi dokumen kesehatan di simpul transportasi secara digital, sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sederhana. 

Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk perlindungan diri kita sendiri serta orang-orang di sekitar. Aplikasi PeduliLindungi dapat membantu setiap warga melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran (tracing), pelacakan (tracking) dan pengurungan (fencing) terhadap anggota masyarakat yang diduga terinfeksi Covid-19. Melalui aplikasi PeduliLindungi, orang tersebut dapat diperiksa status vaksinasinya, hasil tes Covid-19 atau apakah ada kontak eratnya dengan pasien Covid-19. (Nurul Retno M)


Foto : Anggota Satlantas Polres Kebumen menyosialisasikan manfaat aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Ist) 

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + 5 =

Back to top button