Pendidikan Dan Budaya

Aspikom Luncurkan Direktori MBKM

PURWOKERTO, detakjateng – Untuk meningkatkan jejaring dan kerjasama dengan program studi lain, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) meluncurkan buku direktori program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Peluncuran itu berlangsung pada Rapat kerja Nasional (Rakernas)  pengurus pusat Aspikom, di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman (Fisip Unsoed).

Rakernas Tahun 2021 yang berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (29-30/10/2021) . Hadir langsung dalam Rakernas ini,  Ketua Aspikom Dr. Muhamad Sulhan, diikuti 40 pengurus yang berasal dari berbagai Program Studi Ilmu Komunikasi dari seluruh Indonesia, baik secara luring mupun daring.  

Dalam Rakernas yang terselenggara atas kerjasama antara Aspikom dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsoed ini, diluncurkan buku direktori program studi anggota Aspikom terkait dengan program MBKM.

“Dengan adanya buku direktori tersebut, diharapkan program studi anggota Aspikom dapat memanfaatkan jejaring yang ada untuk menjalin Kerjasama dengan program studi lain dalam implementasi MBKM khususnya pertukaran mahasiswa,” ujar Muhamad Sulhan yang juga dosen senior di Departemen Ilmu Komunikasi UGM.

Dalam Rakernas itu, dibahas berbagai rancangan program  MBKM. Diantaranya, program pertukaran mahasiswa, magang, pengelolaan laboratorium berbasis digital dan aplikasi keanggotaan Aspikom secara digital. Ke depan,  Aspikom  akan membuat direktori terkait dengan program magang sebagai implementasi MBKM yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Diagendakan juga, Aspikom akan beraudiensi dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk  memaparkan berbagai program MBKM. Harapannya ada  sinergi yang baik antara perguruan tinggi dengan pemerintah dalam implementasi program MBKM ini. (*)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 5 =

Back to top button