Pendidikan Dan Budaya

Dosen Unsoed Ikuti Program Research Fellow di Harvard University Amerika Serikat

PURWOKERTO, detakjateng – Novita Puspasari, SE.,Ak., M.Sc., dosen Program Studi Akuntansi FEB  (Fakultas Ekonomi Bisnis) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berkesempatan mengikuti program Research Fellow di Harvard University Amerika Serikat. Ia akan bergabung bersama 12 Research Fellow dari seluruh dunia.

Novita Puspasari, SE.,Ak., M.Sc mengungkapkan, awal mendapat kesempatan research fellow, diawali dari email yang dikirimkan oleh Project Coordinator salah satu pusat studi yang khusus mengurusi data, internet, dan masyarakat di Harvard University. “Dalam email tersebut berisi rekomendasi dari salah seorang profesor, untuk menjadi Research Fellow (salah satu periset) karena akan ada project yang bernama alternatif data future. Jadi bagaimana alternatif kepemilikan data di era internet saat ini dan mengeksperimenkan adanya koperasi data yang setiap membernya mempunyai kontrol atas data kita,” kata Novita, Kamis (14/10/2021).

Kemudian Novita mengisi form, submit pada bulan September 2021, dan dua minggu kemudian mendapat undangan untuk interview dengan salah satu project manager di Harvard. Adapun program Research Fellow ini direncanakan akan berlangsung selama 3 – 4 bulan yang dimulai pada bulan Oktober 2021. “Pelaksanaannya dapat memilih secara online, offline, ataupun Hybrid. Saya memilih Hybrid,” katanya.

Novita menjelaskan, ada 12 Research Fellow dari seluruh dunia, dengan background yang berbeda-beda. Ada yang dari akuntansi, hukum, sosiologi dan lain-lain. Untuk menyamakan persepsi, selama satu minggu awal diberikan materi kuliah dari para profesor Harvard. Kemudian pada bulan kedua, sampai bulan ketiga mulai dibagi grup, dan mulai diberi project – project riset eksperimen. “Sedangkan pada bulan terakhir akan mempresentasikan hasil, sekaligus akan ada kerjasama dengan salah satu kampus di Jerman,” jelas Novita.  (Pray)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − seven =

Back to top button