Kesehatan

DPC Projo Purworejo Gelar Vaksinasi Massal

PURWOREJO, detakjateng – Guna menghindari kerumunan saat pelaksanaan Vaksinasi, panitia DPC Projo Purworejo, Jawa Tengah, dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi massal, dengan mengambil lokasi yang berbeda yakni di kawasan wisata Pantai Dewaruci, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Vaksinasi massal kali ini merupakan vaksinasi ke dua, Kamis (21/10/2021).

“Alhamdulillah vaksinasi pertama hingga kedua ini sukses. Untuk mengantisipasi kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi massal maka kami mencari alternatif di kawasan pantai Jatimalang ini karena lokasinya luas. Ya, intinya untuk menghindari kerumunan karena massal itu pasti orang banyak, maka kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Ketua DPC Projo Purworejo, Emha Syaiful Mujab.

Dikatakan, bahwa vaksinasi hari ini, adalah untuk vaksinasi dosis kedua dengan target 1800 orang. Untuk vaksinnya adalah jenis Sinovac, karena menurutnya vaksin jenis Sinovac ini dinilai paling aman, sebab bisa digunakan untuk ibu hamil, pelajar bahkan lansia.
Selain itu, vaksinasi tersebut digelar atas kerjasama antar berbagai organisasi yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Purworejo, DPC Projo Purworejo dan Polosoro Purworejo.

“Vaksin Sinovac ini bisa digunakan untuk umur 12 tahun ke atas intinya pelajar, mahasiswa juga bisa ikut vaksin,,” ungkapnya.

Lanjutnya, diungkapkan Emha, Projo memiliki program vaksinasi massal yang dilaksanakan serentak di 20 Kabupaten se-Jawa Tengah pada tanggal 20-21 Oktober 2021. Kemudian hari ini adalah pelaksanaan untuk Kabupaten Purworejo. 

“Harapan kami dengan adanya program gerakan vaksinasi Covid-19 ini kita bisa mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di Indonesia khususnya Purworejo,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Purworejo, Aris Himawan menyampaikan, sebagai organisasi wartawan, PWI yang menaungi banyak media, tidak hanya berfokus pada urusan terkait jurnalistik. Lebih pada itu, PWI juga berupaya untuk merespons kondisi sosial melalu program-program yg disepakati oleh anggota.

“PWI Purworejo memiliki program PWI peduli yang kegiatannya lebih mengarah pada aspek sosial. Vaksinasi ini salah satunya, dengan mendorong percepatan vaksinasi kita berharap ekebalan komunal dan segera terwujud sehingga kehidupan masyarakat kembali normal, tidak terkecuali kehidupan media,” katanya.

Dikatakan Aris, sejak awal pandemi, PWI menaruh perhatian lebih terhadap percepatannya. PWI aktif mendorong anggota untuk membertikan hal-hal terkait penanganan pandemi sekaligus menjadi kontrol sosial bagi stakeholder terkait. Sebagian anggota PWI juga andil dalam program kerja sama dewan pers dan Satgas penanganan Covid-19 nasional, yakni fellowship jurnalisme Ubahlaku. Mereka aktif menganhkat isu-isu terkait penanganan pandemi dan membangun optimisme masyarakat lewat pemberitaan yang berimbang.

“Beberapa kali PWI juga berupaya menggandeng stakeholder, komunitas atau berbagai elemen masyatakat untuk mengadakan bakti sosial beruapa pemberian bantuan serta santunan bagi warga terdampak pandemi,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Polosoro Purworejo yang juga Kepala Desa Jatimalang, Suwarto menambahkan, dalam membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Purworejo, selama ini Polosoro telah berkoordinasi dengan rekan-rekan Kepala Desa untuk mendata warga yang belum mendapat vaksinasi. 

“Hal itu sangat efektif, sekarang juga mulai tidak ada penolakan vaksin dari warga malah saat ini banyak yang minta divaksin,” tandasnya. (MAY/AN)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 14 =

Back to top button