Pendidikan Dan Budaya

HUT ke-79, SMP N 1 Purworejo Bagikan Paket Sembako

PURWOREJO, detakjateng – Ratusan paket sembako dibagikan oleh SMP Negeri 1 Purworejo sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Aksi sosial tersebut sekaligus menjadi rangkaian peringatan HUT ke-79 SMP Negeri 1 Purworejo yang berdiri pada 20 Oktober 1942. Penyerahan paket sembako dilakukan secara simbolis kepada sejumlah perwakilan penerima dalam puncak peringatan HUT ke-79 SMP N 1 Purworejo di aula sekolah setempat, Rabu (20/10/2021).

Kegiatan berlangsung dengan tamu undangan terbatas. Hadir antara lain Asisten 3 Sekda Purworejo Pram Prasetya Achmad, Perwakilan Dindikpora, Ketua Komite Sekolah Agus Budi Supriyanto, Sekretaris Alumni SMP N 1 (PeDji) Basuki Tjokro, para guru, beberapa mantan Kepala SMP N 1, dan sejumlah badan usaha yang menjadi mitra sekolah.

Sementara HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala SMP N 1 Purworejo, Sutarto, yang diserahkan kepada Ketua Komite Sekolah dan Prof Bandul Suratmo yang tercatat sebagai alumni angkatan 1963 dan mantan Guru Besar UGM.

“Tema HUT tahun ini Berprestasi dan Ikhlas Berbagi di Masa Pandemi. Keikhlasan kami wujudkan dengan berbagi 262 paket sembako kepada orang tua siswa yang membutuhkan, warga sekitar lingkungan sekolah, serta beberapa panti asuhan,” kata Sunardi, Waka Humas sekaligus Ketua Panitia HUT ke-79 SMP N 1 Purworejo.

Disebutkan, paket sembako tersebut berasal dari sekolah, komite sekolah, paguyuban orang tua siswa, alumni lintas angkatan, serta donasi sejumlah badan usaha yang menjadi mitra sekolah.

“Kami bersyukur karena jumlah yang terkumpul melebihi target, yakni 200 paket,” sebutnya.

Kendati sederhana, sambungnya, HUT kali ini tetap semarak. Pada selasa (19/10) malam digelar tasyakuran dan doa bersama. Beberapa hari terakhir sekolah juga mengadakan berbagai kompetisi, antara lain lomba paduan suara, dance, melukis, lomba 7 K Kelas, bercerita/story telling, dan video pendek. Ada juga lomba membuat tumpeng bagi siswa dan orang tua.

“Lomba-lomba yang digelar sekaligus untuk mengasah bakat dan prestasi siswa. HUT tahun depan bertepatan dengan Lustrum ke-16, semoga sudah bisa digelar lebih meriah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMP N 1 mengungkapkan bahwa peringatan HUT Ke-79 cukup istimewa karena bertepatan dengan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, 79 tahun merupakan usia yang sudah cukup matang. Hingga saat ini telah ada belasan ribu lulusan yang tersebar di penjuru dunia dengan berbagai profesi.

“Pada HUT kali ini kami ingin keberadaan SMP N 1 dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, terutama yang terdampak pandemi, yakni dengan cara berbagi ini,” ungkap Sutarto.

Menurutnya, HUT juga menjadi momentum introspeksi diri, melecut semangat, dan memotivasi menjadi lebih baik. Apalagi, SMPN yang dikenal sebagai sekolah favorit dan berada di pusat kota kini juga harus berjibaku menjawab tantangan globalisasi.

“Sistem zonasi juga membuat pihak sekolah menjaga kualitas out put atau lulusan yang tetap berprestasi serta cakap menjawab tantangan zaman. Dewan guru kini harus bisa menjawab tantangan ini, perkembangan Iptek memaksa manajemen sekolah merubah paradigma dan cara berpikir. Semua harus dibuktikan dengan prestasi, baik prestasi akademik dan nonakademik,” jelasnya.

Terpisah, Agus Budi Supriyanto menyatakan bahwa Komite Sekolah siap untuk mendukung program-program sekolah demi meningkatkan kualitas dan mutu. Menurutnya, upaya sekolah meningkatkan fasilitas pembelajaran dalam beberapa tahun terakhir sangat baik dan harus dilanjutkan dengan peningkatan prestasi siswa.

“Pada era tahun 80-an, SMP 1 itu nomor 1. Sekarang semakin baik dan harus terus ditingkatkan. Komite siap mendukung,” pungkasnya. (MAY)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =

Back to top button