Pemerintahan

Kegiatan Keagamaan di Purworejo Jalan Terus, Meski Secara Daring

PURWOREJO, detakjateng – Meski pandemi Covid-19 belum usai, berbagai kegiatan keagamaan yang bertujuan memperkokoh akidah dan keimanan harus terus dilakukan. Kegiatan keagamaan memang tidak memungkinkan dilakukan dalam sebuah pertemuan langsung dalam jumlah banyak, karena Kabupaten Purworejo masih berada di level 3, sehingga harus disiasati dengan pertemuan terbatas atau secara daring.

Hal itu diungkapkan Bupati Purworejo Agus Bastian dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dilaksanakan secara daring di Command Center, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (12/10/2021). 

Acara yang juga dihadiri Sekda Said Romadhon dan sejumlah pejabat Pemkab Purworejo itu, menghadirkan KH Rofi Husnudin dari Kecamatan Bener sebagai penceramah.

Menurut Bupati, melaksanakan kegiatan keagamaan merupakan sarana efektif untuk lebih mendekatkan diri serta meningkatkan derajat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

“Selain itu diharapkan juga dapat memperlancar komunikasi dalam sebuah kerangka silaturahmi, sehingga mampu memperkokoh Ukhuwah Islamiyah,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wassalam sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan dan tindakan Rasulullah. 

“Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana. Itulah perilaku yang diwarnai oleh akhlaqul karimah, akhlak mulia yang mampu menebarkan rahmatan lil-alamin, rahmat bagi semesta alam,” ungkapnya.

Menurutnya, Rasulullah juga telah memberikan teladan untuk membangun tatanan kehidupan bernegara yang adil dan sejahtera. 

“Sejarah mencatat, tatanan kehidupan bernegara yang dibangun oleh Nabi Muhammad sangat menjunjung tinggi keadilan sosial, musyawarah untuk mufakat, penghormatan terhadap hak dan nilai-nilai kemanusiaan, penegakan supremasi hukum, dan kebersamaan antar umat untuk menjaga harmoni sosial,” tandas Bupati. (May)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + thirteen =

Back to top button