Pendidikan Dan Budaya

Meriahnya Sumpah Pemuda di SMA 1 Batur, Dari Lomba Desain Batik, Pentas Tektek, hingga Pojok Podcast yang Ciamik

BANJARNEGARA, detakjateng – Semangat Sumpah Pemuda disambut gegap gempita oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Batur. Meski masih masa pandemi, tak menyurutkan mereka dalam memaknainya. Berbagai kegiatan dan lomba digelar untuk memeriahkan Bulan Sumpah Pemuda, yang tahun ini mengusung tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.

Kepala SMA Negeri 1 Batur, Linovia Karmelita, S. Sos, mengatakan, kegiatan diawali dengan lomba desain motif batik. Kemudian acara Meet The Authors (temu penulis), Gerakan Sekolah Menulis Buku, vaksinasi siswa yang didukung Forkompinca Batur, Pentas Tektek “Smabat Kuat”, dan Pojok Podcast SMABAT (bulan pemuda dan bahasa). Sedangkan puncak acara dengan diadakannya Upacara Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan secara virtual pada 28 Oktober 2021.

“Alhamdulillah, partisipasi peserta didik kami beserta para guru sangat baik. Mereka sangat antusias dalam menyukseskan kegiatan, terutama dalam Pekan Sumpah Pemuda di SMA 1 Batur,” kata Linovia, di Batur, Jumat (29/10/2021).

Dicontohkan, dalam lomba motif batik, mereka berkompetisi dengan kreativitas yang menarik. Dari ajang tersebut terpilih desain keren karya Devita Tri Agustin, dengan desain motif batik bertema “Pancasila”, Didik Aldi Nugroho siswa XII IPS 2 dengan tema motif “Ragam Budaya Indonesia” dimana tokoh wayang menjadi desain utamanya.

Untuk kegiatan Meet The Authors, SMA Negeri 1 Batur didukung penulis dan mentor dari Penerbit Carablaka Banyumas, yang memberikan motivasi kepada para siswa dengan materi stategi penulisan kreatif di era modern.

“Kegiatan ini sekaligus sangat membantu program unggulan literasi untuk mewujudkan generasi literat, sekaligus mendukung program Salasaku alias Satu Kelas Satu Buku,” lanjutnya.

Forkompinca Batur juga turut mendukung rangkaian kegiatan, dengan hadir langsung mensukseskan vaksinasi untuk peserta didik. Selama pelaksanaan vaksinasi, dimeriahkan oleh penampilan grup Tektek “Smabat Kuat” yang menyuguhkan lagu-lagu bernuansa riang.

Selanjutnya, SMA Negeri 1 Batur juga melaunching “Pojok Podcast” di salah satu ruang sekolah. Uniknya, ruangan itu disulap menjadi panggung mini dengan fasilitas tata audio dan video yang ciamik, pun interior yang artistik.

Di meja siar, tersedia tiga microphone duduk yang elegen lengkap dengan pop filter, audio interface, serta camcorder. Desain backdrop berlatar wallpaper bernuansa bata putih. Pada dinding tersebut tersemat inisial “Pojok Podcast Smabat” dengan lampu soft. Ornamen dan hiasan bunga-bunga mungil nan cantik menambah betah suasana Podcast Smabat.

Danang Eky Pratama, ketua OSIS SMA Negeri 1 Batur, menambahkan, ia dan teman-teman siswa sangat senang dengan adanya pojok podcast ini. Karena, podcast tersebut akan menjadi ajang kreasi dan unjuk talenta warga sekolah.

“Sebenarnya kami juga ingin tokoh-tokoh Banjarnegara bisa hadir di podcast ini untuk sharing dan memotivasi kami, agar kami bisa meneladani mereka. Kami, generasi muda Batur yang di gunung dan jauh dari kota juga ingin sukses seperti Beliau-Beliau,” harap Danang optimistis. (Muji Pras)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × three =

Back to top button