Kesehatan

Petugas Kelurahan Panjatan Harus Rela Door To Door Agar Warganya Mau Vaksin

KEBUMEN, detakjateng-Puluhan warga Kelurahan Panjatan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, yang kebanyakan ibu-ibu nampak senang saat turun dari odong-odong yang mereka tumpangi. Para warga itu tidak sedang piknik, tapi mereka datang ke Puskesmas Karanganyar untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kelurahan Panjatan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, menjadi kelurahan tertinggi dalam hal penyerapan vakisn Covid-19. “Warga sangat antusias ketika mengikuti kegiatan vaksinasi di Puskesmas Karanganyar, saya yang mengantar mereka ke Puskesmas,” kata Lurah Panjatan, Juniadi Prasetyo, Rabu (20/10).

Ia menyebutkan, warganya yang sudah mendapatkan Vaksin Covid-19 mencapai 70%. Tak mudah untuk bisa meyakinkan warganya agar mau divaksin. Juni mengungkapkan, pegawai kelurahan harus door to door menyambangi warganya agar mau divaksin.

Uniknya, warga disewakan odong-odong oleh Lurah Juniadi untuk transportasi menuju tempat vaksin. Mereka diantar dan dijemput menggunakan kendaraan yang di temoat lain disebut kereta kelinci itu.
“Berbagai cara kami tempuh, termasuk kita memberi pemahaman kepada warga agar mau vaksin. Jadi sosialisasi pentingya vaksin untuk ketahanan tubuh dan keperluan administrasi publik terus kita tingkatkan,” tutur Juni.

Menurutnya, warga kelurahan Panjatan seharusnya sudah 100 persen divaksin. Namun diakui ada beberapa kendala mengapa vaksinasi ini belum menyasar ke semua warga. Salah satunya adalah karena alasan medis.

“Harusnya memang sudah 100 persen. Tapi memang tidak bisa karena ada beberapa warga yang tidak diizinkan dokter karena alasan medis, seperti tensi darah yang tinggi, punya penyakit penyerta dan lain-lain. Jadi mereka disuruh menunggu,” tutup Juni.

Vaksinasi Covid-19 gratis yang dilaksanakan untuk mencapai kekebalan tubuh dari serangan Virus Corona, selalu diminati warga. Mereka sadar akan pentingnya mendapatkan vaksin Covid-19 bagi kesehatan dan menjadi syarat berbagai hal. (Nurul Retno M)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =

Back to top button