Kesehatan

Polres Kebumen Sosialisasikan Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

KEBUMEN, detakjateng-Setelah program vaksinasi, aplikasi PeduliLindungi menjadi hal penting saat ini. Sebab tanpa aplikasi ini kita tidak bisa masuk ke mall, perkantoran menggunakan transportasi umum dan lainnya.Aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi lainnya seperti LinkAja, BNI Mobile, Tiket.com dan sebagainya. 

Polres Kebumen, Polda Jawa Tengah, terus menyosialisasikan pentingnya aplikasi itu, Secara berkeliling, para anggota Polri itu melakukan sosialisasi  kepada masyarakat untuk mengunduh serta registrasi ke aplikasi PeduliLindungi. 

Seperti yang dilakukan oleh anggota Sat Lantas Polres Kebumen, saat berpatroli, mereka pergunakan umtuk melakukan sosialisasi aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur informasi ini. Aplikasi andalan Satgas Covid-19 ini bisa diunduh atau download secara gratis di toko platform Android, Playstore dan App Store jika Anda memakai platform IoS (Apple).  

“Ada 9 manfaat  yang bisa kita dapat dengan mendownload aplikasi PesuliLindungi,” jelas Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman, Jumat (15/10).Manfaat pertama, pada aplikasi itu terdapat paspor digital, dimana ada fitur sertifikat vaksin dan hasil test Covid-19 yang dapat diunduh. Manfaat kedua, terdapat QR Code untuk check in yang dapat digunakan untuk mengakses fasilitas publik.

“QR Code atau semacam barcode ini penting bagi warga yang akan bepergian ke pusat keramaian, seperti mall dan kantor pelayanan publik lainnya. Polres Kebumen dalam waktu dekat juga akan menerapkan QR Code kepada pengunjung yang akan memasuki Mapolres,” tambah Iptu Tugiman.

Manfaat ketiga PeduliLindungi adalah, pengguna bisa mengetahui notifikasi zona resiko. Masyarakat akan mengetahui ia sedang berada di zona tinggi penularan atau rendah penularan Covid-19.Keempat, Layanan E-Hac terintegrasi untuk keperluan perjalanan. E-HAC merupakan formulir yang wajib diisi oleh penumpang transportasi udara untuk mencegah penyebaran Covid-19. E-HAC harus ditunjukkan kepada petugas kesehatan pada bandara tujuan atau kedatangan.

Manfaat kelima, masyarakat bisa ikut melakukan pengawasan atau pelacakan data lokasi secara digital untuk keperluan tracing.Keenam, aplikasi ini bisa menampilkan data status Covid-19 di lokasi sekitar pengguna. Ini berguna untuk jaga diri dan lebih hati-hati saat berada di tempat rawan penularan. Ketujuh, warga masyarakat yang belum melakukan vaksin Covid-19, bisa mendaftarkan melalui aplikasi tersebut. 

Manfaat selanjutnya adalah, aplikasi PeduliLindungi menyimpan dan menampilkan histori perjalanan pengguna sebagai upaya program contact tracing. Manfaat kesembilan, ada fitur teledokter, dimana pengguna bisa melakukan konsultasi kesehatan secara daring. (Nurul Retno M)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × two =

Back to top button