Lingkungan Dan Pertanian

Ribuan Bibit Kopi Ditanam untuk Konservasi Hutan Pinus

PURWOREJO, detakjateng – Wilayah Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, terkenal sebagai kawasan pegunungan yang memiliki pemandangan elok. Banyak hutan pinus milik Perhutani menambah sejuk kecamatan yang dikenal memiliki berbagai obyek wisata curug (air terjun) itu.

Guna  melestarikan hutan di sana, pemerintah Kecamatan Bruno menggagas gerakan konservasi hutan lestari. Pencanangkan gerakan tersebut dilaksanakan Kamis (14/10) di Desa Somoleter yang merupakan daerah penyangga perkotaan Bruno.

Launching gerakan konservasi ditandai dengan penanaman 5.000 bibit kopi untuk hutan. Menurut Camat Bruno Netra Asmara Sakti, Desa Somoleter cocok untuk tanaman kopi dan durian.

“Kami mengambil tema petani bersinergi membangun negeri menuju Bruno indah dan barokah. Kegiatan ini diikuti smeua elemen masyarakat mulai dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), petani, PKK, Karang Taruna, hingga pelajar di Desa Somoleter,” jelas Sakti.

Ribuan pohon kopi jenis Arabica bantuan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, ditanam di area hutan milik negara.
“Untuk konservasi hutan ini kamu pilih tanaman kopi karena,¬† kopi bisa tumbuh subur dengan pohon peneduh. Hutan di Somoleter sudah ada pohon peneduh, yaitu pohon pinus,” lanjut Sakti.

Kecamatan Bruno memiliki kopi khas Bruno dan durian yang sudah sangat terkenal. “Dengan konservasi pohon kopi ini, diharapkan bisa menambah kemakmuran warga,” pungkas Sakti. (Nurul Retno M)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + three =

Back to top button