Pemerintahan

Satpol PP Purworejo dan Satpol PP Provinsi Operasi Gabungan Penegakan Prokes di Pasar

PURWOREJO,detakjateng – Dalam rangka penegakan hukum terkait protokol kesehatan (prokes), Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo bersama Satpol PP Propinsi Jateng dan TNI, Polri, mengadakan operasi gabungan Penegakan Protokol Kesehatan di Pasar Bener, Kecamatan Bener, dan Pasar Baledono, Kecamatan Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (05/10/2021).

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo mengatakan, kegiatan operasi gabungan ini dilakukan berdasarkan Surat edaran dari Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Nomor 730/4332 tentang Pelaksanaan operasi gabungan penegakan prokes.

“Untuk operasi kali ini yang kita lakukan sifatnya tidak denda, tapi lebih pada pada kegiatan yang sifatnya persuasif, edukasi dan sosialisasi, sekaligus memberikan pembelajaran pada masyarakat terkait dengan prokes,” kata Budi.

Lanjut Budi, untuk lokasi kegiatan difokuskan di dua tempat tersebut, yakni di pasar, karena pasar merupakan tempat berkumpulnya masyarakat, sehingga bertujuan agar masyarakat selalu ingat terkait dengan program kesehatan.

“Sekali lagi kita juga harus waspada terkait dengan covid ini. Kita tidak ingin masyarakat menjadi terlena. Walaupun trend saat ini covid sudah menurun, tetapi masyarakat justru lupa akan prokes dan nanti justru akan berbahaya bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, dijelaskan Budi, bagi yang sudah tidak menggunakan masker diedukasi, serta ada pembagian masker gratis agar selalu mengingat terkait dengan prokes.

“Saya berharap kepada masyarakat yang saat ini sudah terbiasa dengan menggunakan masker untuk selalu menjaga kesehatan, ya walaupun di pasar tetap hindari kerumunan karena kita tidak tahu kapan pandemi akan berakhir, sehingga masyarakat harus tetap waspada terkait dengan prokes,” ujarnya.

Budi juga menghimbau kepada masyarakat, untuk selalu patuhi protokol kesehatan, gunakan masker dimanapun berada dan tentunya prokes 5M harus dipatuhi.

“Jangan sampai menggunakan masker hanya saat ada petugas saja, setelah petugas pergi dilepas lagi, dan prokes 5M tetap wajib dilaksanakan,” pungkasnya. (May)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 3 =

Back to top button