Kesehatan

Siswa SMK Diterjunkan Bantu Percepatan Vaksinasi

PURWOREJO, detakjateng -Siswa SMK Bhakti Putra Bangsa (Bharasa) Purworejo, Jawa Tengah turut berperan dalam menyukseskan percepatan vaksinasi di Kabupaten Purworejo, dengan menjadi sukarelawan atau petugas pembantu screening vaksinasi. 

Para siswa tersebut terjun langsung ke lapangan membantu petugas vaksinator dalam kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh Kodim 0708 Kabupaten Purworejo ke sekolah-sekolah untuk vaksinasi pelajar.

Kepala Sekolah SMK Bharasa, Rahman Sudrajad mengatakan, tujuan pihak sekolah melibatkan siswanya dalam kegiatan vaksinasi adalah untuk lebih melatih siswa agar memiliki empati dan jiwa sosial yang tinggi. 

“Setidaknya kami juga turut membantu dan terlibat dalam percepatan vaksinasi yang sedang dicanangkan pemerintah. Istilahnya ini tenaga bantu atau sukarelawan yang terjun langsung ke masyarakat, sehingga siswa juga mendapat ilmu melalui pengalaman di lapangan,” katanya, Minggu (03/10/2021).

Dijelaskan, para siswa dari SMK Bharasa membantu dalam kegiatan vaksinasi sebagai petugas screening para peserta vaksinasi sebelum mendapat suntikan vaksin dari petugas vaksinator. 

“Para siswa kami membantu screening awal dalam kegiatan vaksinasi yang diadakan oleh Kodim 0708 Purworejo. Screning awal itu meliputi cek suhu dan tensi,” ungkapnya.

Para siswa yang menjadi petugas pembantu screening, lanjutnya, sudah mendapat pelatihan disekolahan karena memang SMK Bharasa basisnya adalah kesehatan dengan jurusan farmasi dan keperawatan. 

“Dengan membantu vaksinasi ini, juga menjadi kesempatan bagi siswa kami untuk mengaplikasikan langsung dilapangan semua yang diajarkan disekolah,” terangnya.

Disampaikan, siswa yang diterjunkan dalam setiap kali kesempatan vaksinasi adalah 5 anak dan 1 pembina. Penerjunan siswa sebagai petugas screening ini juga sudah dilakukan beberapa kali.

“Pertama adalah saat vaksinasi siswa di SMP Negeri 6 dengan peserta 1300 siswa dari SMP Negeri 6, SMK Bharasa, SMP 31 dan SMK YPT,” ungkapnya.

Selanjutnya, Katanya, para siswa juga turut membantu vaksinasi di SMK Sawunggalih dengan peserta 1200 siswa yang semuanya dari SMK Sawunggalih. “Setelah itu juga pada vaksinasi di MA An Nawawi Berjan, sekitar 1300 peserta, kemudian juga di SMA Pancasila 1 sekitar 1200 peserta dan har ini juga siswa membantu kegiatan vaksinasi di SMP N 5 Kutoarjo dengan peserta sekitar 550 siswa,” terangnya.

Ditambahkan, untuk siswa SMK Bharasa sendiri sudah mendapat vaksin seluruhnya dengan Jumlah siswa 205 anak. 

“Yang vaksin bersama kodim ada 126 siswa. Sisanya vaksin di sekitar tempat tinggalnya,” tandasnya. (May)


Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =

Back to top button