Berita Utama

Sutedjo Slamet Utomo Kembali Pimpin IPHI Banjarnegara

BANJARNEGARA, detakjateng –  H. Sutedjo Slamet Utomo, M.Hum kembali terpilih sebagai ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banjarnegara masa bhakti 2021-2026. Bupati Banjarnegara periode 2011-2016 itu terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Ke-5 Pengurus Daerah (PD) IPHI Banjarnegara, yang digelar di Aula Sasana Bhakti Praja Setda Banjarnegara, Minggu (31/10/2021).

Untuk pengurus harian lainnya, terpilih mendampingi Sutedjo antara lain Wakil Ketua I, Drs H Suwarno, Wakil Ketua II Drs Budianto M.Pd, Wakil Ketua III H. Masdiro S.Pd,MM. Sekretaris jabatan dipegang oleh H. Eko Juniadi SH, M.Hum, Bendahara dipercayakan Hj. Nuning Sukesih, SIP.

Sutedjo Slamet Utomo menjelaskan, dalam rangka mendukung progam pembangunan Pemkab Banjarnegara sejumlah agenda kegiatan IPHI telah disiapkan di antaranya mengajak anggota IPHI untuk membantu menggerakkan masyarakat dalam Program Vaksinasi dan penanganan pandemi Covid-19, serta kegiatan sosial lainnya.

“Di bidang kesehatan, IPHI turut mengembangkan RSI Banjarnegara serta sosialisasi secara intensif program pengadaan Kartu IPHI yang di bermanfaat sebagai kartu peduli kesehatan bagi anggota. Di bidang ekonomi, IPHI mengajak anggota untuk menghidupkan kegiatan ekonomi rakyat di masa pandemi ini,” jelas Sutedjo.

Kegiatan rutin seperti dakwah dan majlis taklim bersama tiga ormas besar di Banjarnegara, yaitu NU, Muhammadiyah, dan Syarikat Islam, terus berjalan dengan menaati prokes. Juga kegiatan sosial yang bermanfaat lainnya bagi masyarakat.

“Keluarga besar IPHI Banjarnegara memiliki potensi yang besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Potensi ini adalah modal besar IPHI dan harus dikembangkan dan diwujudkan dalam berbagai lini kehidupan masyarakat, dengan bersama komponen organisasi sosial dan keagamaan lainnya,” terangnya.

Musda IPHI yang mengusung tema “Mengokohkan kemabruran haji Untuk membangkitkan ekonomi umat di tengah pandemi” dihadiri Wakil Ketua Pengurus Wilayah IPHI Jateng H. Fery Firmawan, Ph.D serta Sekretaris I Dr H. Ahmad Tajuddin Arafat.

Hadir membuka kegiatan Plh. Bupati Banjarnegara H. Syamsudin S.Pd, M.Pd. Selain itu, Ketua MUI Banjarnegara, KH Fahmi Hisyam S.Ag dan Sekda Drs Indarto M.Si, para pimpinan Fokompimda Banjarnegara dan pengurus cabang IPHI di tingkat kecamatan.

Plh. Bupati Banjarnegara H. Syamsudin S.Pd, M.Pd  mengucapkan terima kasih kepada IPHI Banjarnegara yang selalu aktif membantu pemerintah dalam mewujudkan Banjarnegara yang Bermartabat dan Sejahtera. “Adanya kenyataan bahwa IPM Banjarnegara yang rendah juga kemiskinan yang masih tinggi, di sinilah arti penting keberadaan IPHI Banjarnegara yang kami yakin, jika IPHI berkomunikasi dengan indah dengan pengurus wilayah dan pusat, niscaya IPHI mampu membantu dan bekerja sama dengan pemerintah memerangi kemiskinan,” harapnya.

Sementara H. Fery Firmawan, atas nama Ketua IPHI Jateng, bersyukur pelaksanaan Musda PD IPHI Banjarnegara berjalan dengan baik, dengan agenda pertanggungjawaban pengurus, pembahasan rencana program kerja ke depan, dan pemilihan ketua.

“Sudah saatnya PD IPHI Banjarnegara membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi di saat pandemi sudah mulai melandai sebagai wujud komitmen sosial dan pelestarian haji kita sepanjang hayat,” pesan H. Fery Firmawan mewakili IPHI Jawa Tengah.

Musda PD IPHI Banjarnegara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seharusnya musda dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Mengingat pandemi saat itu yang tinggi sehingga baru terlaksana sekarang. (Muji Pras)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + eight =

Back to top button