Ekonomi

Terdampak Pandemi Covid-19, Pelaku UMKM di Wonosobo Terima Bantuan Rp 1,2 Juta

WONOSOBO, detakjateng – Sebagai upaya membantu para pelaku usaha yang terdampak Pandemi Covid-19, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) menyalurkan bantuan langsung tunai bagi para pelaku UMKM di Wonosobo. Bantuan tersebut diberikan pada 4.200 pelaku UMKM.

Kepala Dinsos PMD, Harti menjelaskan Dana Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) diberikan untuk mereka yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga para pedagang kecil ini bisa kembali bangkit dari usaha yang telah dirintisnya itu.

“Karena secara langsung pandemi melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat. Mulai dari hal ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya,” katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (23/10/2021).

Dalam proses penyaluran tersebut melibatkan beberapa instansi seperti kodim, polres, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial.  Adapun yang berhak menerima yang mempunyai usaha dan belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.  Serta usaha tersebut merupakan usaha pokok bukan sebagai sampingan.

“Kalau di Wonosobo ada sekitar 4.200 pelaku UMKM di Wonosobo yang mendapatkan bantuan. Tiap pelaku UMKM mendapatkan bantuan Rp 1,2 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0707/Wonosobo, Letkol Inf Rahmat saat meninjau kegiatan penyaluran menyampaikan, kepada para penerima bantuan agar modal yang diberikan dari pemerintah ini digunaan sebagaimana mestinya, yaitu untuk meningkatkan kegiatan usahanya.

“Bantuan ini diharapkan digunakan untuk menambah modal usaha, jangan dialihkan untuk kebutuhan lain. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga,” pungkasnya. (Aris)

Foto : Penyaluran bantuan bagi pelaku UMKM oleh Kodim 0707/Wonosobo (dok. Pendim Wonosobo)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 5 =

Back to top button