Pendidikan Dan Budaya

Tim Robot ‘Blakasutha’ Unsoed Melaju di Kontes Robot Nasional

PURWOKERTO, detakjateng – Tim Robotika dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Soedirman Robotic Team (SRT) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil melaju ke tahap Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Tingkat Nasional tahun 2021. Tim SRT Unsoed maju bersama 19 tim dari perguruan tinggi lainnya, setelah di pertandingan sebelumnya Tim Robotika Unsoed menjadi Juara Harapan di Tingkat Wilayah 1.

Tim Robot yang bernama “Blakasutha” ini beranggotakan 14 mahasiswa dari berbagai program studi di Unsoed, dengan Pembina SRT, Priswanto, ST., M.Eng, dan Aziz Wisnu Widhi Nugraha, ST., M.Eng.

Ketua Tim Robotika Unsoed, Abu Bakar As Shidiq Al Muqayyim mengungkapkan, Tim Blakasutha tampil pada Kamis (30/9/2021) di pertandingan KRAI Tingkat Nasional. KRI merupakan kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. “Kontes ini berlangsung secara daring / online, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19. Sebagai tuan rumah pada penyelenggaran tahun ini adalah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta,” kata Abu Bakar.  

Dijelaskan Abu Bakar, KRI 2021 diselenggarakan secara bertahap. Dimulai dari tahap pengiriman proposal dari calon tim peserta KRI. Tim yang lolos seleksi proposal tahap pertama, selanjutnya mengikuti seleksi tahap kedua, yang merupakan evaluasi kesiapan tim. Seleksi tahap kedua mencakup kesiapan robot, lapangan kontes dan infrastruktur video conferencing.

“Calon tim peserta yang lolos seleksi tahap kedua, diundang untuk mengikuti Kontes Tingkat Wilayah.  Kontes Tingkat Wilayah diselenggarakan di 2 (dua) wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur.  Sejumlah tim terbaik pada kontes wilayah 1 dan 2 inilah yang bertanding dalam Kontes Robot Nasional,” jelas Abu Bakar.

Abu Bakar menambahkan, pada final kontes robot tahun ini, Tim Blakasutha menampilkan robot pelontar anak panah secara akurat ke arah titik pot yang telah ditentukan. Tim robot unsoed pada tahun ini mengikuti 2 divisi yaitu KRSRI ( Kontes Robot SAR Indonesia) dan KRAI. “Berharap dapat memberikan yang terbaik untuk almamater tercinta, orang tua dan semua pihak yang telah mendukung tim ini serta agar terus bisa menjadi generasi yang selalu memberikan kontribusi penting untuk bangsa,” katanya. (Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 1 =

Back to top button