Pendidikan Dan Budaya

UMP Purworejo Gelar Bakti Sosial

PURWOREJO,detakjateng – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Jawa Tengah, menggelar bakti sosial (baksos) pembagian sembako untuk menjalin kedekatan dengan warga dan juga bertujuan mengurangi beban mereka dalam situasi pademi Covid-19 yang belum berakhir ini. Sejumlah ratusan sembako dibagikan kepada warga disekitar kampus utama, kampus II dan kampus III UMP, Senin (04/10/2021).

Rektor UMP, Rofiq Nurhadi mengatakan, baksos yang dilakukan UMP ini merupakan rangkaian dari Milad UMP yang ke 57. Selain baksos ini juga digelar vaksinasi masal, seminar dan turnamen olahraga.

“Dengan baksos ini tentu kita ingin menjalin keharmonisan dan kedekatan dengan masyarakat terutama masyarakat disekitar kampus,” kata Rofiq saat ditemui ditempat pembagian baksos di kampus utama Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 3 dan 6, Kecamatan Purworejo.

Baksos ini, lanjutnya, juga untuk membangun kesejahteraan masyarakat sekitar utamanya pada masa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan perekonomian masyarakat terdampak.

“Baksos ini didedikasikan untuk refleksi diri, cita-cita dan harapan UMP kedepan,” imbuhnya.

Koordinator baksos UMP, Umi Faizah menyampaikan, baksos yang diberikan dalam kesempatan kali ini adalah 300 paket sembako. Teknisnya yakni warga sekitar diberikan kupon oleh panitia baksos untuk kemudian ditukarkan di titik pembagian baksos UMP. 

“Paket sembako akan didistribusikan dalam satu hari ini hingga pukul 11.30 WIB,” Sebut Umi yang juga merupakan dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia itu.

Lanjutnya, diungkapkan, sasaran dari kegiatan baksos ini, adalah warga, pedagang dan tukang becak yang ada disekitar kampus utama, kampus II Jl. Urip Sumoharjo No.76, Plaosan, Kecamatan Purworejo dan kampus III Jl. Pahlawan Km 3, Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan. Titik pembagian dipusatkan di kampus utama dan kampus III UM Purworejo.

“Untuk kampus utama dan kampus II pembagian baksos dijadikan satu tempat karena letaknya tidak terlalu berjauhan, dan untuk kampus III juga ada titik pembagiannya sendiri. Namun untuk ceremonial di kampus utama ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk menjaga protokol kesehatan, pada saat pembagian kupon pihaknya telah melakukan edukasi dan koordinasi agar penerima bisa patuh terhadap prokes saat mengambil bantuan. Diantaranya yakni memakai masker kemudian juga menjaga jarak. 

“Kami juga sudah koordinasi dengan satpam dan Menwa (Resimen Mahasiswa) untuk mengatur ketertiban pada saat pembagian,” katanya.

Pihaknya berterimakasih terhadap semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan baksos ini. Dirinya berharap dengan adanya pembagian baksos ini UMP bisa sedikit meringankan beban ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. 

“Karena kami menilai para penerima bantuan ini bisa dibilang paling terdampak atas adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu kami bergerak demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya (May)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 4 =

Back to top button