Kesehatan

59 Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Wonosobo Terima Bantuan

WONOSOBO, detakjateng – Sebanyak 59 anak yatim, piatu dan yatim piatu korban Covid-19, menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo. Santunan itu merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Penyerahan paket bantuan secara simbolis dilaksanakan oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat didampingi Wakil Bupati M. Albar dan Kepala Dinsos PMD Harti di Pendapa Kabupaten, Jumat (19/11/2021) kemarin.

“Ini adalah program pemerintah di mana pemerintah harus hadir, tidak hanya saat ini tapi setiap saat. Panjenengan sudah punya ‘bapak’ yang setiap saat bisa dimintai tolong,” ungkap Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat.

Dijelaskannya, bahwa anak dikatakan yatim, piatu atau yatim-piatu apabila belum baligh. Karenanya, menjadi tugas pemerintah untuk hadir membantu mereka yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19.

“Bantuan ini mudah-mudahan sedikit mengurangi beban kehilangan keluarga, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Wonosobo, Harti mengungkapkan, pemberian santunan itu khusus untuk anak yatim, piatu maupun yatim piatu yang orangtuanya meninggal akibat Covid-19. Harapannya, bantuan dapat meringankan beban hidup bagi anak-anak yatim, piatu maupun yatim-piatu, sehingga mampu meningkatkan derajat kehidupan masyarakat.

“59 anak yatim piatu yang kehilangan orang tua akibat Covid-19 masing-masing menerima tabungan senilai 200 ribu rupiah perbulan bagi penerima yang sudah bersekolah. Sementara untuk penerima yang belum sekolah memerima 300 ribu rupiah perbulan,” pungkaanya. (Aris)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 19 =

Back to top button